Dinas Pariwisata Bantul akan selenggarakan Festival Ketoprak

id ketoprak

Dinas Pariwisata Bantul akan selenggarakan Festival Ketoprak

Ilustrasi (Foto antarafoto.com)

Bantul (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menyelenggarakan Festival Ketoprak antarkelompok se-kecamatan pada 11 sampai 18 September 2015.

"Kegiatan ini bertujuan selain untuk memberi wadah seniman dan seniwati ketoprak, juga untuk mendekatkan kesenian ini kepada masyarakat," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul Bambang Legowo di Bantul, Senin.

Menurut dia, ketoprak atau pentas kesenian dari Jawa yang dalam pementasan, sandiwara diselingi dengan lagu-lagu Jawa dengan iringan musik gamelan ini merupakan salah satu kesenian adiluhung peninggalan nenek moyang.

Dengan demikian, kata dia, festival ketoprak yang akan dilaksanakan selama delapan hari di delapan tempat berbeda ini bisa melestarikan dan mengembangkan seni budaya, serta meningkatkan kreatifitas pelaku seni khususnya seni ketoprak.

"Adalah tugas kita semua untuk melestarikan dan menjaga keberadaan kesenian yang adiluhung ini. Kegiatan juga untuk nguri-nguri kesenian ketoprak," kata Bambang Legowo.

Pihaknya berharap, festival ini mendapat apresiasi positif dari masyarakat sehingga seni ketoprak yang ada di masyarakat bisa terangkat dan nantinya bisa menempatkan jenis kesenian ini sebagai kesenian rakyat yang populer di Bantul.

"Diharapkan rasa cinta pada kesenian ini makin tumbuh di masyarakat dan muncul bibit-bibit muda di dunia perketoprakan di Kabupaten Bantul," kata Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul, Dodiek Koeswardono.

Sesuai jadwal, festival ketoprak dimulai pada Jumat (11/9) menampilkan kelompok dari Imogiri dan Dlingo di Imogiri. Sabtu (12/9) dari Piyungan dan Banguntapan di Pendopo Desa Sitimulyo. Minggu (13/9) dari Kecamatan Pleret, Jejeran, Jetis di Pendopo Desa Pleret. Senin (14/9) dari kecamatan, Kretek, Bambanglipuro, Pundong di Desa Muyodadi.

Kemudian pada Selasa (15/9) dari Kecamatan Pandak, Bantul, Sanden di Pendapa Kecamatan Pandak. Rabu (16/9) dari Kecamatan Kasihan, Sewon di Pendopo Desa Bangunjiwo. Kamis (17/9) Kecamatan Sedayu, Pajangan di Pendapa Kecamatan Sedayu dan Jumat (18/9) Kecamatan Srandakan di Pendapa Desa Poncosari Srandakan.

KR-HRI
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024