Lebaran 2016 - Calon penumpang KA masih bisa peroleh tiket

id penumpang kereta api

Lebaran 2016 - Calon penumpang KA masih bisa peroleh tiket

Penumpang Kereta Api Stasiun Lempuyangan (Foto Antara/Wahyu Putro)

Jogja (Antara) - Calon penumpang kereta api yang belum memperoleh tiket untuk arus balik lebaran dari Yogyakarta masih memiliki kesempatan untuk memperoleh tiket dari pembatalan tiket yang dilakukan calon penumpang lain.

"Tiket arus balik untuk beberapa kereta tujuan Jakarta memang sudah habis. Tetapi, ada saja penumpang yang membatalkan tiket mereka," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, tiket yang dibatalkan tersebut langsung masuk kembali ke sistem pembelian tiket sehingga bisa dibeli oleh calon penumpang lain yang membutuhkan.

"Memang kemungkinannya kecil, tetapi jika beruntung, maka calon penumpang yang sebelumnya tidak memperoleh tiket bisa memperoleh tiket untuk arus balik," katanya.

Eko menyebut, tiket arus balik dari Daerah Operasi VI Yogyakarta menuju Jakarta sebagian besar sudah habis, hanya menyisakan keberangkatan untuk tanggal tertentu saja.

Tiket kereta Taksaka Pagi, Taksaka Malam, Argo Lawu dan Argo Dwipangga relasi Yogyakarta-Jakarta sudah habis untuk keberangkatan Jumat (8/7) hingga 16 Juli, namun sesudahnya masih ada tiket yang bisa dibeli meskipun ketersediaannya terbatas.

Sedangkan untuk kereta bisnis relasi Solo/Yogyakarta-Jakarta rata-rata sudah terjual Jumat (8/7) hingga 18 Juli, begitu pula untuk kereta ekonomi AC tujuan Jakarta sudah terjual hingga pertengahan Juli.

Sedangkan tujuan Surabaya dan Bandung rata-rata baru terjual habis untuk keberangkatan Jumat (8/7) hingga Selasa (12/7) dan kereta tujuan Malang masih banyak menyisakan tempat duduk.

Sementara itu, untuk tiket kereta tambahan tujuan Jakarta, Bandung dan Surabaya masih menyisakan tempat duduk untuk keberangkatan pada pekan kedua Juli.

Pada masa Angkutan Lebaran 2016, PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta menyiagakan 37 unit lokomotif, dan 279 kereta yang terdiri dari 144 kereta dari Yogyakarta dan 135 kereta dari Solo.

(E013)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024