Pengunjung Sri Getuk Gunung Kidul meningkat signifikan

id Sri Getuk

Pengunjung Sri Getuk Gunung Kidul meningkat signifikan

Salah satu destinasi wisata baru yang masih perlu dikembangkan, grojogan sewu di Dusun Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, DI Yogyakarta (Foto ANTARA/Andreas Fitri Atmoko/ags/16)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Jumlah pengunjung objek wisata air terjun Sri Getuk Bleberan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta meningkat signifikan selama libur Lebaran 2016.

Salah seorang pengelola air terjun Sri Getuk Tri Harjono di Gunung Kidul, Minggu, mengungkapkan sejak libur lebaran terjadi peningkatan kunjungan setiap harinya.

"Jumlah kunjungan pada Rabu (6/7) ada 700 orang, Kamis (7/7) ada 2.500 orang, Jumat (8/7) 2.700 orang, dan pada Sabtu (9/7) ada 3.060 orang. Untuk hari ini, kami perkirakan sekitar 2.000-an wisatawan yang datang," ucap Tri Harjono.

Ia mengatakan dibanding Lebaran 2015 lalu, jumlah kunjungan 2016 meningkat 5 sampai 10 persen. Meski libur lebaran, pihaknya tidak menambah hiburan untuk menyambut wisatawan. Seluruh pengelola yang terdiri masyarakat setempat yang berjumlah 88 orang tidak libur, sehingga diharapkan bisa maksimal dalam pelayanan terhadap wisatawan.

"Tidak ada tambahan hiburan, tarif pun tidak dinaikkan masih tetap seperti hari biasa," ucapnya.

Selain mengunjungi air terjun Sri Getuk, lanjut Tri, pengunjung juga memadati Gua Rancang Kencono yang masih satu area dengan air terjun.

"Meningkatnya kunjungan juga berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat sekitar seperti penjual makanan omzetnya juga naik," ujarnya.

Peningkatan wisatawan juga terjadi di lokasi wisata Water Byur, Kecamatan Ponjong yang selama libur lebaran dipadati ribuan wisatawan.

Dirut Bumdes Desa Ponjong Anang Sutrisno mengatakan rata-rata setiap hari menerima kunjungan lebih dari 1.000 orang.

"Jumlah kunjungannya meningkat dibandingkan libur biasa, tidak hanya dari Gunung Kidul tetapi juga dari luar daerah," imbuhnya.


(KR-STR)