Disbud Sleman gelar "Festival Langen Carito"

id Disbud Sleman gelar Festival Langen Carito

Disbud Sleman gelar "Festival Langen Carito"

Kabupaten Sleman (Foto Istimewa) (istimewa)

Sleman, (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman dan Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan "Festival Langen Carito" tingkat kabupaten setempat pada Sabtu (8/4) dan Minggu (9/4) di parkir utara Lapangan Denggung.

"Festival Langen Carito diikuti 17 kontingen se-Kabupaten Sleman," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Aji Wulantara, Jumat.

Menurut dia, langen carito merupakan sebuah pementasan cerita (teater) yang berupa gabungan tarian dan tembang diiringi seperangkat gamelan.

"Festival Langen Carito ini merupakan salah satu agenda Gelar Budaya Jogja yang merupakan program besar Dinas Kebudayaan DIY," katanya.

Ia mengatakan penyelenggaraan festival itu untuk menciptakan iklim kreatif bagi pengembangan seni tradisi khususnya di Kabupaten Sleman.

"Selain itu untuk meningkatkan apresiasi masyarakat, menumbuhkan kreativitas, dan gagasan menarik tentang langen carito di tengah budaya masyarakat, serta untuk mempopulerkan kembali seni tradisi agar tidak musnah," katanya.

Sedangkan jadwal tampil peserta festival itu hari pertama Sabtu 8 April 2017 dari delapan kontingen yaitu SDN Mlati2 Mlati, SDN Percobaan 3 Pakem, SD Muh Ambarketawang Gamping, SDN Ngangrung Turi, SDN Pencar Ngemplak, SDN Krajan Godean, SDN Glagaharjo Cangkringan, SD Kanisius Mangunan Berbah.

Hari Kedua, Minggu 9 April 2017 dari sembilan kontingen yaitu SD Muh 2 Sleman, SD Budi Mulia 2 Pandeansari Depok, SDN Banyurejo 2 Tempel, SDN Gendengan Seyegan, SDN Karangnongko 1 Kalasan, SDN Sendangrejo Minggir, SDN Ngijon 1 Moyudan, SDN Delegan 2 Prambanan, dan SDN Selomulyo Ngaglik.

Aji mengatakan dalam festival tersebut akan dipilih penyaji terbaik 1, 2, dan 3 serta juara harapan 1, 2, dan 3. Selain itu akan dipilih peran putra terbaik 1, 2, dan 3, peran putri terbaik 1, 2, dan 3, pengendang terbaik 1, 2, dan 3 serta pembonang terbaik 1, 2, dan 3.

"Untuk penyaji terbaik dan juara harapan akan memperoleh hadiah berupa tropi, sertifikat dan uang pembinaan secara berturut-turut sebesar Rp7,5 juta, Rp6 juta, Rp5,5 juta, Rp4 juta, Rp3,5 juta, dan Rp3 juta.



(U.V001)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024