Disnakertrans Kulon Progo beri pelatihan bidang perhotelan

id Pelatihan perhotelan

Kulon Progo (Antara Jogja) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memberikan pelatihan bidang perhotelan untuk menyiapkan sumber daya manusia siap kerja terkait pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport.

Kepala Bidang Pengembangan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kulon Progo Susilo di Kulon Progo, Jumat, mengatakan pelatihan dan pemagangan bidang perhotelan ini dilakukan Disnakertrans bekerja sama dnegan Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA).

"Pelatihan dan pemagangan bidang perhotelan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan bagi tenaga kerja di bidang perhotelan, menyiapkan tenaga kerja untuk menghadapi permintaan tenaga kerja di Kulon Progo mendatang, serta mengurangi jumlah pengangguran," kata Susilo.

Ia mengatakan pelatihan diikuti 26 peserta tersebut akan mendapat bimbingan selama lima bulan terdiri dari dua bulan teori di BLK pada Selasa dan Kamis 14.00 WIB - 16.00 WIB dan dilanjutkan pemagangan selama tiga bulan di hotel.

"Peserta pelatihan terdiri dari remaja di sekitar wilayah Kabupaten Kulon Progo," katanya.

Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kulon Progo Arif Sudarminto mengatakan pentingnya pelatihan ini bagi peserta sehingga waktu lima bulan ke depan agar dapat dimanfaatkan dengan baik.

Ia berharap peserta dapat belajar secara maksimal karena pelatihan ini nantinya akan menjadi bekal untuk dapat bekerja secara profesional dan mandiri.

"Pemkab sangat mendukung adanya pelatihan ini untuk kemajuan masyarakat Kulon Progo guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara merata," harapnya.

Ketua IHGMA Haryadi Baim berharap warga Kulon Progo tidak hanya menjadi penonton di daerahnya namun dapat benar-benar menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri.

(U.KR-STR)