Kelompok Batik Sekar Jatimas membuka pelatihan membatik

id Batik,Sekar jatimas

Kelompok Batik Sekar Jatimas membuka pelatihan membatik

Anggota Dharma Wanita PT Telkom Yogyakarta mengikuti pelatihan membatik di Kelompok Batik Sekar Jatimas, Balecatur, Gamping, Sleman. (Foto dok Batik Sekar Jatimas) (Antara)

Sleman (Antaranews Jogja) - Kelompok Batik Sekar Jatimas di Dusun Jatisawit, Balecatur, Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, membuka kesempatan kepada masyarakat umum maupun instansi untuk mengikuti pelatihan membatik.

"Pelatihan akan dipandu anggota Kelompok Batik Sekar Jatimas yang telah memiliki sertifikat dalam proses produksi batik," kata Ketua Kelompok Batik Sekar Jatimas Lina Marlina di Sleman, Rabu.

Menurut dia, dengan belajar membatik berarti memiliki keinginan untuk mengenal lebih jauh tentang batik yang pada akhirnya akan lebih menghargai kain batik.

"Dengan pelatihan diharapkan akan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap kain batik. Hal ini penting mengingat pada saat ini masih banyak warga masyarakat yang kurang menghargai karya batik," katanya.

Ia mengatakan, di dalam masyarakat masih banyak yang memiliki persepsi salah tentang batik, dan masih banyak yang tidak bisa membedakan antara kain batik dengan tekstil bermotif batik, atau yang dikenal dengan batik printing.

"Dengan persepsi tersebut tidak mengherankan bila masih berkembang anggapan bahwa kain batik mahal. Padahal tidak semua kain batik cap atau tulis mahal. Harga kain batik tergantung pada tingkat kerumitan dalam pengerjaan dan pewarnaan," katanya.

Lina mengatakan, di Kelompok Batik Sekar Jatimas sendiri terdapat kain batik cap yang dijual dengan harga Rp100.000 per lembar dengan panjang dua meter.

"Pelatihan membatik ini dilaksanakan mengikuti proses produksi batik mulai dari menyanting (membuat klowong), mewarnai dengan colet dan celup warna dasar serta melorot. Peserta pelatihan langsung mengikuti proses yang berlangsung dan dapat menyelesaiakan karyanya hingga menjadi ?batik," katanya.

Ia mengatakan, kelompok Batik Sekar Jatimas pada 11 januari 2018 juga melakukan pelatihan membatik bekerja sama dengan Dharma Wanita PT Telkom Yogyakarta.

Sebanyak 25 ibu-ibu anggota Dharma Wanita PT Telkom Yogyakarta dipimpin Ketua Nurul Hikmah Firmansyah mengikuti pelatihan di Showroom dan Rumah Produksi Batik Sekar Jatimas di Balecatur, Gamping, Sleman.

Kelompok Batik Sekar Jatimas sendiri pada awalnya merupakan kelompok belajar "malam" di tingkat Dasawisma di Dusun Jatisawit, Balecatur, Gamping, Sleman.

Dalam perkembangannya, kelompok ini tidak hanya memroduksi batik namun juga memroduksi berbagai produk turunan batik, seperti sandal kamar, tote bag dan pernik-pernik asesoris berbahan batik.

"Kami juga sering berpartisipasi dalam berbagai pameran. Kami juga menyandang predikat juara dua untuk kelompok UPPKS Kabupaten Sleman 2017," kata Lina.

(U.V001)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024