Pekan Pendidikan Jogja semarakkan Hardiknas di Yogyakarta

id Benteng Vredeburg

Pekan Pendidikan Jogja semarakkan Hardiknas di Yogyakarta

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta (Foto Istimewa)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui 10 unit pelaksana teknis di Daerah Istimewa Yogyakarta akan menggelar "Pekan Pendidikan Jogja" untuk menyemarakkan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018 di Yogyakarta.

Ketua Panitia Pekan Pendidikan Jogja, Daswatia Astuti di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Selasa, mengatakan acara yang berlangsung mulai 21 hingga 27 April 2018 itu berlokasi di Benteng Vredeburg dan Taman Pintar Yogyakarta dengan mengusung tema "Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan".

"Pekan Pendidikan Jogja akan menyuguhkan berbagai macam kegiatan yang bernuansa pendidikan bagi masyarakat," kata Daswatia yang juga Kepala Pusat Pengembangan, Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kerja (P4TK) Matematika Yogyakarta.

Daswatia mengatakan perhelatan Pekan Pendidikan Jogja diawali dengan pameran pendidikan yang akan diikuti 10 UPT Kemendikbud di Yogyakarta, Ikatan Guru Indonesia (IGI) serta 30 sekolah tingkat SD, SMP, SMA/SMK, Komunitas Pesta Pendidikan, dan Komunitas Pemerhati Pendidikan di Benteng Vredeburg dan Taman Pintar.

"Di sela-sela pameran itu kami bersama lima penerbit di bawah koordinasi Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) juga akan membuka bazar buku murah," kata dia.

Dalam acara yang digelar secara serentak di seluruh provinsi itu, menurut Daswita, juga akan berlangsung kegiatan ngobrol publik yang akan mengangkat tema-tema pendidikan. Acara itu digelar secara parallel di lima ruangan di Museum Benteng Vredeburg setiap pagi dan sore.

Selain itu, menurut dia, agenda yang tidak kalah menarik dalam rangkaian Pekan Pendidikan Jogja adalah pemutaran 15 film dengan tema-tema pendidikan, di antaranya film berjudul "Jejak Juang Sang Rais Akbar", "Tirtayasa The Sultan Of Banten", "Ronggowarsito dan Javanologi", "Arung Palakka", "Biola Seribu" dan film-film lainnya.

Selain diputar di Benteng Vredeburg, film-film itu juga akan diputar di sekolah-sekolah se-DIY.

"Film-film itu memang yang direkomendasikan untuk diputar di seluruh provinsi, diharapkan dapat membangun karakter siswa dan para penontonnya," kata dia.

Adapun agenda terakhir adalah pegalaran seni budaya yang akan dipersembahkan oleh pelajar sekolah se-DIY. "Sebagai ujung acara akan ditutup dengan upacara serta ziarah ke Makam Ki Hajar Dewantara pada 2 Mei 2018," kata dia.

(L007)