Kulon Progo bantu peralatan produksi bubuk coklat

id Coklat

Kulon Progo bantu peralatan produksi bubuk coklat

Pembuat coklat (Foto Antara)

Kulon Progo (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan membantu Kelompok Tani Wanita Pawon Gendis peralatan produksi kakao menjadi bubuk coklat dalam rangka diversifikasi produk.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo Widi Astuti di Kulon Progo, Sabtu, mengatakan selama ini, bantuan yang diberikan oleh pemkab hanya bisa untuk membuat permen dan coklat batang.

"Tahun ini, ada alat baru untuk membuat bubuk coklat," kata Widi Astuti.

Ia mengatakan bubuk coklat ini dapat dimanfaatkan campuran membuat kue, minuman, dan kosmtetik. Alat yang akan diberikan pemkab dalam rangka diversifikasi produk kakao.

"Kami harapkan diversifikasi produk ini, mampu meningkatkan nilai jual kakao dan meningkatkan kesejahteran petani dan KWT Pawon Gendis," harapnya.

Widi mengatakan pihaknya juga sudah memberikan pelatihan dengan mengundang pelatih dari BPPT Yogyakarta. BPPT memberikan materi bagaimana mengolah kakao menjadi coklat hingga makanan turunannya.

Adapun materi pelatihan diantaranya pembuatan dodol coklat, sabun coklat dan berbagai teori.

"Harapan KWT dan kelompok tani mendapat tambahan pendapatan, dan pemberdayaan petani, serta regenerasi petani," harapnya.

Ia juga mengimbau kepada petani kakao melakukan peremajaan untuk mengganti tanaman yang sudah tua. BPPT Yogyakarta juga akan memberikan bantuan bibit kakao.

"Tanaman kakao yang sudah tua dan tidak produktif, akan dilakukan peremajaan, supaya produksi kakao di Kulon Progo meningkat," katanya.

Ketua KWT Pawon Gendis Dwi Martuti mengatakan pelatihan pengolahan kakao yang diselenggarakan Pemkab Kulon Progo bekerja sama dengan BPPT Yogyakarta sangat bermanfaat.

"Salah satunya, adanya sinergitas antara petani dan pengolah kakao," katanya.



(U.KR-STR) 28-04-2018 13:28:40


 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024