Hemas minta Gunung Kidul meningkatkan SDM pariwisata

id GKR Hemas,Sdm pariwisata,Gunung Kidul,Gua pindul

Hemas minta Gunung Kidul meningkatkan SDM pariwisata

GKR Hemas (Foto: jogja.antaranews.com)

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia GKR Hemas mengharapkan Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meningkatkan sumber daya manusia pariwisata sehingga bisa meningkatkan perekonoman masyarakat.
   
 "Pendukung pariwisata di Kabupaten Gunung Kidul sudah gemegrah wisata tetapi belum siap SDM nya, sehingga perlu pendekatan-pendekatan khusus," kata GKR Hemas saat mengunjungi Karangmojo, Gunung Kidul, Kamis.
     
Ia mengatakan peningkatan SDM bisa dilakukan pendidikan jangka pendek terkait kebutuhan pariwisata itu. Setiap tempat wisata mempunyai karakter dan pelatihan SDM yang berbeda.
     
"Misal Gua Pindul, masyarakat harus tahu siap, restaurant atau apapun penyesuaian," katanya.
     
GKR Hemas mengatakan tempat wisata juga harus memenuhi fasilitas standar yang harus dipunyai tempat-tempat wisata. Sehingga dengan sinergitas itu diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisata dan berimbas pada perekonomian masyarakat. 
     
Sementara Camat Karangmojo Wastana menyampaikan pengembangan potensi pariwisata pihaknya mengalami kendala dalam SDM karena masih kurang. Contoh pembuatan cinderamata, makanan, perbaikan jalur-jalur wisata. DIa berharap pemerintah pusat bisa mendukung.
     
"Kendala saat ini di SDM belum bisa mengikuti pesatnya perkembangan wisata," katanya.
     
Ia mengatakan saat ini seni dan budaya di Karangmojo ada sampai pelosok, namun perkembangannya kurang baik.
     
"Tempat pengembangan belum ada.  Kami harap dengan kunjungan kerja GKR Hemas nantinya mendapat perhatian khususnya bidang pariwisata," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar