BUMN HADIR- SMN Kalteng mendapatkan pembekalan bela negara

id Smn 2018,pembekalan bela negara

Instruktur Penerbang Skadik 104 Lanud Adisutjipto Mayor Penerbang Alexander Yosep Lessy memberikan materi Bela Negara kepada para peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Kaliman Tengah di Kompleks Jupiter Adventure Zone (JAZ) Skadik 104, Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Senin malam (13/8). (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta, (Antaranews Jogja) - Sebanyak 23 orang peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Kalimantan Tengah mendapatkan pembekalan bela negara oleh tim dari TNI Angkatan Udara di Kompleks Jupiter Adventure Zone (JAZ) Skadik 104, Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Senin malam.
         
 Pembekalan materi bela negara menjadi salah satu rangkaian kegiatan "Dua Hari Bersama TNI" dalam Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) BUMN Hadir Untuk Negeri yang berlangsung di Yogyakarta.
         
"Penanaman bela negara ini penting supaya sejak dini siswa paham posisi mereka sebagai salah satu komponen ketahanan negara," kata Instruktur Penerbang Skadron Pendidikan (Skadik) 104 Lanud Adisutjipto Mayor Penerbang Alexander Yosep Lessy seusai memberikan pembekalan.
           
Menurut dia, bela negara tidak hanya ditunjukkan dengan kesiapan perang saat ada pertempuran. Bela negara bisa dimulai saat ini dengan berperan memajukan dan mengharumkan nama baik bangsa dengan prestasi.
           
Untuk mampu berperan membela negara, Lessy berpesan agar seluruh siswa peserta SMN memiliki rasa cinta terhadap diri mereka sendiri dengan menghindari hal-hal yang dapat merusak diri seperti mengonsumsi narkoba.
         
 "Dengan mencintai diri sendiri pasti mau menjaga badannya dan selanjutnya berusaha memberikan prestasi dan berkontribusi untuk kemajuan negara," kata dia.
             
"Kalau sudah menjadi pengguna narkoba apalagi sudah  menjadi bandarnya mereka sudah tidak bisa mencintai tanah airnya," kata dia lagi.
             
Dalam penanaman bela negara itu, mereka juga digembleng tentang kedisiplinan, keyakinan dan keberanian menghadapi tantangan. Tim dari Skadik 104, Lanud Adisutjipto juga memberikan sejumlah tantangan kepada siswa asal Kalteng di antaranya memecahkan botol dengan telapak tangan, serta berjalan di atas bara api dengan bertelanjang kaki.
Baca juga: BUMN HADIR - SMN Kalteng diajak mengenal teori penerbangan militer (Video)
           
Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk negeri yang tujuannnya untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB.
       
Di Yogyakarta SMN digelar oleh PT Angkasa Pura (AP) I selaku penanggung jawab bersama tiga BUMN lainnya, yakni PT Garuda Indonesia, PT Indonesia Re, dan PT Kliring Berjangka Indonesia.
     
Peserta SMN asal Kalimantan Tengah telah tiba di Yogyakarta pada Sabtu (11/8) diberangkatkan oleh PT Asuransi Kredit Indonesia ( Askrindo) dan PT Danareksa. Mereka akan berada di Yogyakarta selama sepekan untuk mempelajari beragam potensi budaya di Yogyakarta.
       
Sebaliknya, peserta SMN Yogyakarta telah diberangkatkan ke Kalimantan Tengah untuk mengikuti program serupa.

Baca juga: BUMN HADIR - SMN Kalteng mengunjungi Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta (Video)   
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar