Pentas akhir tahun di Parangtritis dipindahkan di Gua Selarong

id parangtritis

Pentas akhir tahun di Parangtritis dipindahkan di Gua Selarong

Wisatawan menikmati matahari terbenam di Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Bantul (Antaranews Jogja) - Pentas akhir tahun yang rencananya digelar Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta di Pantai Parangkusumo Parangtritis pada 31 Oktober 2018 dipindahkan di kawasan parkir objek wisata Gua Selarong. 
   
 Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo di Bantul, Jumat, mengatakan, pemindahan lokasi gelaran pentas akhir tahun itu menindaklanjuti informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tentang gelombang tinggi yang melanda perairan selatan Yogyakarta.
     
"Tidak ada perintah langsung, namun dengen memperhatikan imbauan dari BMKG sehingga secara etika akhirnya pentas seni atau kegiatan akhir tahun yang rencana di Parangkusumo kita alihkan di Gua Selarong," katanya dalam jumpa pers akhir tahun. 
     
Pemindahan lokasi pentas akhir tahun bertajuk "Bantul Night Legend" dari pantai ke wisata alam itu, menurut dia, juga bentuk keprihatinan atas bencana tsunami di pantai wilayah Pandeglang Banten yang mengakibatkan ratusan korban jiwa pada beberapa waktu lalu.
     
"Memang ada pertimbangan secara sosiologis kita untuk bisa ikuti ritme apa yang disampaikan BMKG dalam rangka untuk menghindari atau langkah kita bersama terhadap kejadian yang dimungkinan tidak bisa kita hindari," katanya. 
       
"Kejadian bencana memang tidak dapat diprediksi, namun sebisa mungkin kita cegah dampaknya, dan harapannya pergantian tahun nanti tidak terjadi apa-apa, sehingga bisa menjadi momen menyenangkan dan demi kebaikan bersama," katanya.
       
Kwintarto mengatakan, pentas akhir tahun bertema "Bantul Night Legend" tersebut akan menampilkan 'live band' performance, atraktif MC dan aneka permainan menarik yang siap menghibur para tamu dan masyarakat Bantul pada malam pergantian Tahun Baru.
       
"Wisatawan juga dapat menikmati pergantian tahun dengan melihat beberapa hiburan band, diantaranya Bisa Band, Dia Plus, Yo Plus, Jogja Plus, Penothip Plus serta Den Bei Plus," katanya. 
     
Dia juga mengatakan, dengan pemindahan pentas akhir tahun di Gua Selarong ini maka rencana yang akan menggunakan kembang api tetapi tidak jadi dilakukan, namun diganti dengan pertunjukan lain.