Sleman uji emisi kendaraan dinas dan umum

id Uji emisi,DLH Sleman,uji emisi kendaraan

Sleman uji emisi kendaraan dinas dan umum

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman melakukan uji emisi kendaraan bermotor dinas maupun umum. (Humas Sleman)

Sleman (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, kembali melakukan uji emisi kendaraan dinas dan umum secara gratis di Lapangan Denggung Kabupaten Sleman, Selasa.

"Kegiatan uji emisi kendaraan bermotor ini adalah upaya untuk menciptakan lingkungan dengan udara yang bersih dan sehat," kata Kepala DLH Kabupaten Sleman Dwi Anta Sudibya.

Menurut dia, ada sebanyak 600 mobil yang ditargetkan akan dilakukan uji emisi. Jumlah tersebut terdiri dari 100 mobil dinas milik Pemerintah Kabupaten Sleman dan sisanya adalah kendaraan umum milik masyarakat.

"Hasil uji emisi tersebut akan dilaporkan kepada bupati sebagai bahan masukan untuk menentukan kebijakan selanjutnya," katanya.

Ia mengatakan, untuk mobil dinas Bupati Sleman sudah dicek pertama kali.

"Hasilnya memuaskan, HC-nya hanya 0,04, dengan batas kelulusan HC-nya 200. Harapan kami mobil-mobil dinas ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan, Kabupaten Sleman Mardiyana menyampaikan dengan kegiatan uji emisi tersebut akan diketahui gambaran kondisi kendaraan dinas yang ada di Kabupaten Sleman. Dia juga berharap setiap instansi yang memiliki mobil dinas untuk selalu merawat mobilnya secara rutin.

"Sarana dan prasarana ini harus kita pelihara, harus kita rawat agar bisa menjadi contoh dan tidak mencemari lingkungan hidup," katanya.

Uji Emisi tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara Hari Jadi Kabupaten Sleman ke-103 yang diperingati pada 15 Mei 2019.

Dalam kegiatan tersebut turut melibatkan puluhan mahasiswa serta sejumlah dosen dari Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Yogyakarta.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024