Mantan presiden Argentina Fernandez maju sebagai cawapres tahun ini

id Cristina Fernandez de Kirchner,Pemilu Argentina

Mantan presiden Argentina Fernandez maju sebagai cawapres tahun ini

Mauricio Macri, kandidat presiden dari koalisi "Cambiemos" (Let's Change), berbicara penuh semangat kepada pendukungnya setelah pemilihan presiden di Buenos Aires, Argentina, Minggu (22/11). Kandidat oposisi konservatif Macri menang mudah pada pemilihan presiden Argentina hari Minggu setelah menjanjikan reformasi bisnis yang bersahabat untuk memacu investasi ke dalam ekonomi yang sedang sulit. (REUTERS/Ivan Alvarado )

Buenos Aires (ANTARA) - Mantan Presiden Argentina Cristina Fernandez de Kirchner yang disebut sebagai pesaing utama petahanan Mauricio Macri membuat langkah yang mengejutkan dengan mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden pada pemilihan tahun ini.

Tokoh populis yang condong ke kiri itu dalam sebuah video yang diunggah di media sosial pada Sabtu mengatakan bahwa dirinya akan maju sebagai calon wakil presiden mendampingi mantan ketua kabinet Alberto Fernandez.

Argentina akan menggelar pesta demokrasi pada Oktober, meski Macri mendapat kecaman di tengah resesi dan inflasi yang menyakiti pemimpin pasar dalam jajak pendapat.

Cristina Fernandez, yang memilik pengikut inti yang tangguh, dianggap sebagai ancaman yang paling mungkin bagi Macri, meskipun banyak orang di negara itu yang tetap waspada dengan kembalinya presiden yang memimpin negara selama periode 2007-2015.

Alberto Fernandez menjabat sebagai kepala staf mantan Presiden Nestor Kirchner, mendiang suami Cristina Fernandez, dan melanjutkan jabatannya dalam beberapa bulan selama pemerintahan pertamanya.



Sumber: Reuters