Semua parpol menerima penetapan KPU RI, tak termasuk yang gugat ke PTUN

id PKB,PDIP,PTUN,Pilpres 2024,Jazilul Fawaid

Semua parpol menerima penetapan KPU RI, tak termasuk  yang gugat ke PTUN

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid (ANTARA/Fauzi Lamboka)

Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengatakan bahwa semua partai politik (parpol) yang mengikuti kontestasi Pilpres 2024 sudah menerima penetapan KPU terkait pemenang Pilpres 2024, kecuali parpol yang menggugat ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).
 
Hal itu disampaikannya merespons kabar Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Yang diisukan akan merapat ke koalisi pemerintahan Prabowo-Gibran.
 
"Saya belum tahu persis (PKS akan gabung), yang jelas semua partai kecuali yang gugat PTUN ya, ini sudah menerima keputusan KPU. Kami PKB menerima secara langsung diwakili oleh sekjen, pasangan calon juga hadir. Artinya, (Pilpres 2024) sudah selesai," kata Jazilul kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat.
 
Adapun PDI Perjuangan diketahui melayangkan gugatan perbuatan melanggar hukum oleh kekuasaan pemerintahan (onrechmatige overheidsdaad) terhadap KPU ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) pada Selasa (2/4).
 
Meski demikian, Jazilul enggan menafsirkan bahwa gugatan yang dilayangkan ke PTUN tersebut menunjukkan arah PDIP akan menjadi oposisi tunggal pada pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang.
 
"Wah, itu haknya PDIP ya, kita enggak bisa menilai apa yang menjadi langkah dari partai lain," ucapnya.
 
Dia hanya menyebut bahwa PDIP
belum menerima keputusan KPU terkait penetapan pemenang Pilpres 2024.
 
"Tidak bisa disimpulkan begitu, tapi bahwa partai-partai yang ada itu sudah menerima SK (surat keputusan) keputusan KPU, kan saya hadir, yang belum hadir secara langsung itu kan pasangan Pak Ganjar-Mahfud dan PDIP. PPP ikut, PPP sudah menerima. Tapi tidak bisa disimpulkan bahwa tidak menerima, itu kan hal yang lain, bahwa seremonial yang kemarin saja gitu," ujarnya.
  
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PKB: Semua parpol terima penetapan KPU kecuali yang gugat ke PTUN
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024