Paguyuban andong dan becak Malioboro mendukung rencana semipedestrian

id Andong, becak, malioboro, semi pedestrian

Paguyuban andong dan becak Malioboro mendukung rencana semipedestrian

Andong di kawasan Malioboro Yogyakarta (Eka Arifa Rusqiyati)

Yogyakarta (ANTARA) - Paguyuban andong dan becak kayuh yang sehari-hari beroperasi di kawasan wisata utama Yogyakarta, Malioboro mendukung rencana pemerintah daerah untuk menjadikan kawasan tersebut sebagai semipedestrian.

“Kami dari paguyuban andong akan selalu mendukung seluruh program pemerintah. Sebelumnya pun, kami sudah mendukung program pemerintah di Malioboro. Harapannya, program ini bisa lebih menyejahterakan,” kata Ketua Paguyuban Kusir Andong Yogyakarta Purwanto di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, kebijakan pemerintah daerah untuk menjadikan kawasan Malioboro sebagai semi pedestrian akan semakin memudahkan kusir andong untuk menjalankan andongnya di Jalan Malioboro karena tidak akan ada lagi kendaraan bermotor yang menyesaki ruas jalan tersebut.

“Terutama saat libur panjang, Jalan Malioboro pasti dipadati kendaraan. Jalan pun padat sehingga andong sulit berjalan,” katanya.

Purwanto menyebut, seluruh andong yang beroperasi di kawasan Malioboro adalah andong yang sudah dilengkapi dengan berbagai surat administrasi seperti surat izin operasional kendaraan tidak bermotor (SIOKTB) yang dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta dan plat nomor andong.

Kelengkapan operasional andong seperti bel, dan lampu juga dipastikan dipenuhi. “Untuk bisa beroperasi, ada seleksi yang dilakukan. Jika tidak memenuhi syarat, maka andong tidak bisa dioperasionalkan. Sudah ada aturannya dalam perda dan kami mematuhinya,” katanya.

Setiap akhir pekan, rata-rata ada 79 andong yang beroperasi di Malioboro dan jumlahnya akan meningkat saat libur panjang. “Jika tempat parkir penuh, maka andong akan berputar dulu sembari menunggu tempat parkir yang kosong,” katanya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Becak Malioboro-A.Yani Jiyono juga mengatakan hal senada yaitu mendukung rencana pemerintah daerah untuk menjadikan kawasan Malioboro sebagai semi pedestrian.

“Kami beberapa kali mendengar akan ada rencana uji coba Malioboro bebas kendaraan bermotor. Tetapi, belum tahu pasti apakah nanti 18 Juni jadi dilaksanakan atau tidak. Kadang-kadang, ada informasi uji coba tetapi tidak jadi dilakukan,” katanya.

Oleh karena itu, ia menyebut belum dapat memberikan komentar apapun terkait rencana uji coba Malioboro bebas kendaraan bermotor. “Apapun kebijakan pemerintah, bagi kami yang penting adalah tetap bisa beraktivitas di Malioboro. Jangan digusur dari Malioboro,” katanya.

Meskipun demikian, ia menyebut jika tidak ada kendaraan bermotor di Jalan Malioboro, maka becak bisa berjalan lancar.

“Kami pun berharap ada tambahan lokasi parkir becak supaya semua becak tertampung di Malioboro. Saat hari biasa, ada sekitar 400-500 becak yang beroperasi tetapi saat libur panjang bisa bertambah menjadi lebih dari 1.000 becak,” katanya.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan DIY menyebut akan melakukan uji coba Malioboro bebas kendaraan bermotor pada Selasa (18/6) dari pukul 06.00 WIB sampai 21.00 WIB. Uji coba tersebut merupakan bagian dari upaya menjadikan kawasan Malioboro semi pedestrian.

Baca juga: DIY menyiapkan rambu pemandu jelang uji coba Malioboro semipedestrian

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024