Langkah PSM Makassar di Piala AFC terhenti di semifinal zona ASEAN

id psm makassar,piala afc,becamex binh duong

Pesepak bola PSM Makassar Abdul Rahman (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Becamex Binh Duong asal Vietnam Wander Luiz Diaz pada semi final leg kedua Piala AFC 2019 zona Asean di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/6/2019). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww. (ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)

Cibinong, Jawa Barat (ANTARA) - Langkah PSM Makassar di Piala AFC 2019 terhenti di semifinal zona ASEAN meski mengalahkan Becamex Binh Duong dengan skor 2-1 pada leg kedua yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, Rabu.

Hasil itu membuat Becamex Binh Duong berhak melaju ke final zona ASEAN Piala AFC 2019 setelah unggul agresivitas gol tandang atas PSM meski agregat imbang 2-2. Pada leg pertama, tim wakil Vietnam itu menang dengan skor 1-0.

Gol PSM dalam pertandingan leg kedua tersebut dicetak oleh bek Becamex Ho Tan Tai yang melakukan bunuh diri pada menit ke-75 dan sepakan bek Aaron Evans di menit ke-87.

Sementara gol Becamex datang dari sundulan Wander Luiz di menit ke-45+3.

Dalam pertandingan itu, pelatih PSM Makassar Darije Kalezic menurunkan deretan pemain terbaiknya seperti penyerang Eero Markkanen, Marc Klok, Willem Jan Pluim dan M. Rahmat.

Becamex juga memainkan pemain andalan seperti penyerang Wander Luiz dan pemain bertahan Ali Rabo.

Hasilnya, permainan kedua tim relatif sama kuat sejak awal pertandingan.

Para pemain PSM dan Becamex bermain rapat yang membuat peluang-peluang emas sulit tercipta.

Willem Jan Pluim menendang bola dari luar kotak penalti pada menit ke-14, tetapi hanya menerpa sisi luar jaring gawang Becamex.

Penyerang Becamex Wander Luiz mengancam gawang PSM pada menit ke-33, tetapi belum menemui sasaran.

Becamex kemudian unggul pada akhir babak pertama dengan skor 1-0 usai Wander Luiz menyundul masuk umpan Ho Tan Tai. Skor 1-0 tidak berubah sampai laga memasuki masa jeda.
 

Pada babak kedua, PSM yang membutuhkan kemenangan minimal dengan tiga gol mulai mengurung pertahanan Becamex.

Pelatih Darije Kalezic pun memasukkan dua penyerang yaitu Guy Junior dan Ferdinan Sinaga untuk menemani Eero Markkanen demi menambah daya gedor.

Strategi itu membuahkan hasil dengan gol penyama kedudukan dari PSM berkat bunuh diri bek Becamex Ho Tan Tai di menit ke-75 karena salah mengantisipasi umpan Zulham Zamrun.

Zulham kembali menjadi sosok penting untuk gol kedua PSM. Sepakan sudutnya pada menit ke-87 berhasil ditendang ke dalam gawang Becamex oleh bek Aaron Evans untuk membuat kedudukan menjadi 2-1.

Wasit Ahmed Faisal Alali (Yordania) memberikan waktu tambahan empat menit, tetapi tidak ada gol lain yang tercipta. Skor 2-1 bertahan untuk kemenangan PSM.

Berikut susunan pemain kedua tim.

PSM Makassar: Rivky Mokodompit-pg, Aaron Evans, Abdul Rahman (81', Ferdinand Sinaga), Beny Wahyudi, Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Rasyid Bakri (73', Guy Junior), Rizky Pellu (46', Zulham Zamrun), Willem Jan Pluim (kapten), M. Rahmat, Eero Markkanen.

Becamex Binh Duong: Tran Duc Cuong-pg, Ho Tan Tai, Nguyen Thanh Long, Ali Rabo, Nguyen Thanh Thao, Le Tan Tai, Nguyen Trong Huy (63', Dinh Hoang Max), Wander Luiz, Nguyen Anh Duc (kapten, 83', Shumeiko Veniamin), Victor Mansaray, Nguyen Tien Linh (66', Ho Sy Giap).
 

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar