Alumni SMA Negeri 2 Wates berikan beasiswa 10 siswa kurang mampu

id Beasiwa,Alumni sman 2 wates, beasiswa alumni

Ikatan Alumni Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Wates memberikan beasiswa kepada siswa kurang mampu atau dhuafa. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Ikatan Alumni Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memberikan bantuan beasiswa kepada 10 siswa kurang mampu di sekolah tersebut.

Wakil Ketua Ikatan Alumni SMA Negeri 2 Wates Sutrisno di Kulon Progo, Senin, mengatakan dari alumni ingin berpartisipasi untuk membantu pihak sekolah dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar dengan adanya beberapa siswa yang memang secara finansial membutuhkan bantuan dana dari sumber-sumber yang lain.

"Kami diinformasikan oleh pihak sekolah, kalau ada beberapa siswa yang perlu mendapatkan bantuan dana dan alumni mengadakan koordinasi lintas angkatan kemudian terkumpul sejumlah Rp12,225 juta," kata Sutrisno.

Ia mengatakan uang tersebut kemudian diberikan kepada 10 siswa kurang mampu, yakni di Kelas 10 ada lima siswa, Kelas 11 ada empat siswa dan Kelas 12 satu siswa. Jumlah tersebut tentu belum memenuhi kebutuhan biaya pendidikan dan siswa namun setidaknya bisa meringankan beban dari siswa dan orang tua siswa untuk penyelenggaraan biaya pendidikan siswa tersebut.

"Kami memberikan bantuan dalam bentuk beasiswa ini ingin tepat sasaran maka dari alumni meminta kepada pihak sekolah untuk melakukan verifikasi terhadap siswa-siswa yang akan kita beri," katanya.

Sutrisno mengatakan kriteria penerima beasiswa dari alumni, pertama adalah siswa dari keluarga yang tidak mampu atau duafa, kedua adalah dari siswa dengan status yatim atau piatu atau yatim piatu.

Kemudian yang ketiga adalah siswa yang belum mendapatkan beasiswa atau non beasiswa dan keempat adalah siswa yang sedang mendapatkan beasiswa namun besaran biasa disebut masih kurang.

"Ikatan alumni SMA 2 Negeri 2 Wates atau IKALAMANDA itu punya niatan nanti pemberian beasiswa ini bisa dilakukan secara rutin setiap tahun ajaran," katanya.

Ke depannya, ia berharap bahwa alumni bisa memobilisasi dana dari alumni kemudian bisa disalurkan dalam bentuk beasiswa prestasi sehingga nanti bisa maju dan memicu semangat belajar siswa untuk berprestasi.

Ketua Ikatan Alumni SMA Negeri 2 Wates yang juga Ketua DPRD Kulon Progo Akhid Nuryati menyampaikan bahwa pemberian beasiswa oleh alumni adalah wujud rasa tanggung jawab dan cinta alumni kepada almamater SMA Negeri 2 Wates.

Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Wates Dwi Martini mengatakan setiap tahun ajaran, SMA Negeri 2 Wates menerima 180 siswa. Sebanyak 20 persen atau 36 siswa dari 180 siswa merupakan siswa kurang mampu.

"Kami mengupayakan siswa kurang mampu mendapat beasiswa baik dari bantuan CSR dan bank memilik pemerintah. Tadi ada 10 siswa lagi yang mendapat beasiswa dari alumni," katanya.
Baca juga: Peserta Kemah Pramuka Budaya mengikuti prosesi Baritan di Kulon Progo

 
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar