Hutan lereng Gunung Merapi di wilayah Magelang terbakar

id hutan merapi terbakar

Hutan lereng Gunung Merapi di wilayah Magelang terbakar

Ilustrasi - Asap mengepul dari hutan yang terbakar di lereng Gunung Merapi, terlihat dari wilayah Jrakah, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (1/6). (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/tom/18).

Magelang (ANTARA) - Kawasan hutan lereng Gunung Merapi di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah terbakar pada Minggu malam.

 Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edy Susanto di Magelang, Minggu, mengatakan berdasarkan informasi awal, kebakaran terjadi di petak 36, yakni di kawasan Jurang Jero, di wilayah Dusun Soko, Desa Ngargosoko, Kecamatan Srumbung.

Ia menuturkan titik api diketahui pertama sekitar pukul 18.45 WIB dan belum diketahui penyebab kebakaran tersebut.

"Saat ini teman relawan sedang berusaha menjangkau lokasi titik api namun masih terkendala medan yang cukup sulit, untuk lokasi titik api berada di atas PUD 5 atau penduduk sekitar menamainya 'Resa'," katanya.

Ia menuturkan BPBD telah melakukan koordinasi dengan Taman Nasional Gunung Metapi (TNGM) untuk penanganan kebakaran di kawasan Gunung Merapi tersebut.

Ia menyampaikan pada pukul 20.50 WIB tim dari TNGM menuju lokasi. Tim dari TNGM membawa peralatan pemadaman api dan menggunakan mobil Slip On

Ia mengatakan berdasarkan hasil koordinasi, apabila dari TNGM tidak memungkinkan untuk menangani sendiri akan meminta bantuan tim dari BPBD Kabupaten Magelang.