Peringatan HPSN Bantul upaya mewujudkan lingkungan hidup yang bersih

id Bupati Bantul,hari sampah ansional

Peringatan HPSN Bantul upaya mewujudkan lingkungan hidup yang bersih

Bupati Bantul Suharsono secara simbolis menanam bibit pohon dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2020 tingkat Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang digelar di Desa Giriloyo, Wukirsari, Kecamatan Imogiri sebagai upaya pemerintah daerah dalam menjaga kelestarian alam dan mewujudkan lingkungan hidup yang bersih.

"Kegiatan Peringatan HPSN 2020 ini diharapkan menjadi kegiatan positif, di mana merupakan salah satu upaya dalam menjaga kelestarian alam dan mewujudkan lingkungan hidup yang bersih serta nyaman bagi kehidupan," kata Bupati Bantul Suharsono dalam peringatan HPSN 2020 di Gazebo Giriloyo Wukirsari Bantul, Jumat.

Menurut dia, dengan adanya lingkungan yang bersih akan terwujud masyarakat yang sejahtera sesuai tema yang diangkat pada peringatan HPSN 2020 yaitu "Indonesia Bersih, Indonesia Maju, Indonesia Sejahtera".

Tema peringatan HPSN tahun ini, lanjut Bupati, dimaksudkan bisa menjadi katalis dan medium sinergi nasional untuk meningkatkan dampak positif dan peningkatan kualitas pengelolaan sampah. Dan dengan peningkatan pengelolaan sampah akan terwujud lingkungan bersih dan sehat.

"Hal itu dapat dilaksanakan dengan membudayakan gerakan 3R, yaitu reduce atau mengurangi sampah, reuse atau memanfaatkan kembali sampah menjadi sesuatu yang berguna, dan recycle atau memanfaatkan kembali sampah menjadi sumberdaya baik sebagai bahan baku maupun sumber energi terbarukan," katanya.

Bupati mengatakan, salah satu masalah pengelolaan sampah yang mendesak dan perlu dilakukan penanganan secara kontinyu adalah masalah pengelolaan sampah sejak dari rumah tangga melalui pemilahan sampah.

Oleh karena itu, dengan adanya peringatan HPSN ini dapat mendorong dan memotivasi masyarakat untuk mengelola sampah, sehingga akan mempercepat terwujudnya Bantul yang sehat, cerdas dan sejahtera.

Ia mengatakan, guna mewujudkan hal itu dibutuhkan sinergi secara terus menerus dan konsisten antara pemerintah daerah, dunia usaha dan masyarakat dalam pengelolaan sampah untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas dan sehat serta mendorong percepatan program Bantul Bersih Sampah 2020.

"Dan salah satu upaya mewujudkan program Bantul Bersih Sampah 2020 telah diadakan lomba kebersihan antardesa. Melalui lomba itu akan ada peran aktif dari masyarakat dan perangkat desa untuk mengelola sampah, baik organik, non-organik melalui kearifan lokal di masing-masing desa," katanya.

Dalam peringatan HPSN 2020 tersebut juga dilakukan penanaman bibit pohon secara simbolis oleh Bupati Bantul di lingkungan Gazebo Girilyo dan peninjauan stan pameran produk daur ulang sampah yang digelar oleh jejaring sampah mandiri di Bantul.
Bupati Bantul Suharsono meninjau pameran produk daur ulang sampah dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 (Foto ANTARA/Hery Sidik)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar