Freiburg kalahkan Borussia Moenchengladbach 1-0

id Freiburg,Borussia Moenchengladbach,Nils Petersen

Freiburg kalahkan Borussia Moenchengladbach 1-0

Penyerang Freiburg Nils Petersen (kanan) merayakan kemenangan bersama bek Dominique Heintz (tengah) dan kiper Alexander Schwolow (kiri) setelah pertandingan Liga Jerman melawan Borussia Moenchengladbach, yang dimainkan di Stadion Schwarzwald. Freiburg, Jumat (5/6/2020). (ANTARA/AFP/RONALD WITTEK)

Jakarta (ANTARA) - Gol tunggal yang dibukukan Nils Petersen menjaga asa Freiburg untuk tampil di Liga Europa, sekaligus mengamankan kemenangan 1-0 atas Borussia Moenchengladbach dalam pertandingan Liga Jerman yang dimainkan di Stadion Schwarzwald. Freiburg, Jumat setempat atau Sabtu dini hari WIB.

Kemenangan perdana bagi Freiburg (41) sejak Liga Jerman dilanjutkan di era pandemi COVID-19 itu membawa mereka menduduki peringkat kedelapan dan hanya terpaut satu poin dari zona Eropa. Sedangkan Gladbach (56) tertahan di peringkat keempat setelah menelan kekalahan pertama dari tiga laga terakhirnya, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Tim tamu tampil lebih agresif pada sebagian besar jalannya babak pertama. Luca Waldschmidt mendapatkan peluang pertama Gladbach melalui tembakan kaki kirinya yang masih melambung di atas gawang.

Penyerang Gladbach Alassane Plea memiliki dua peluang dalam rentang waktu yang singkat, namun kedua tembakannya gagal berbuah gol. Florian Neuhaus sempat mengira ia telah memecahkan kebuntuan saat menyambar bola tembakan Patrick Herrmann, namun bendera offside telah lebih dulu terangkat.



Menjelang turun minum Neuhaus kembali mengancam gawang tuan rumah saat ia melepaskan tembakan yang masih melambung di atas kiper Alexander Schwolow. Lucas Hoeler memaksa kiper Gladbach Yann Sommer melakukan penyelamatan pertama di laga ini sebelum babak pertama usai.

Gladbach terus menguasai jalannya permainan pada babak kedua, dan Marcus Thuram nyaris membawa mereka unggul seandainya Philipp Lienhart tidak melakukan tekel akurat untuk memblok bola umpan silang Herrmann.

Namun justru Freiburg yang memecah kebuntuan pada menit ke-58 melalui pemain pengganti Petersen, yang menanduk bola tendangan bebas Vincenzo Grifo untuk bersarang ke gawang Gladbach.



Situasi semakin bertambah berat bagi Gladbach ketika Plea mendapatkan kartu kuning keduanya di laga ini akibat melanggar Robin Koch.

Tuan rumah banyak menekan pada 20 menit terakhir jalannya laga. Satu peluang bagus mereka dapatkan melalui Hoeler, namun kali ini Sommer mampu menggagalkan peluang untuk mencegah gawangnya kemasukan untuk kedua kalinya.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Jerman:

Freiburg (4-4-2): Alexander Schwolow, Lukas Kuebler (Jonathan Schmid 57'), Philipp Lienhart, Dominique Heintz, Christian Guenter, Roland Sallai (Nils Petersen 57'), Robin Koch, Nicolas Hoefler, Vincenzo Grifo (Chang Hoo Kwon 88'), Gian-Luca Waldschmidt (Janik Haberer 83'), Lucas Hoeler (Mike Frantz 88')

Borussia Moenchengladbach (4-2-1-3): Yann Sommer, Stefan Laitner, Matthias Ginter, Nico Elvedi (Ibrahima Traore 81'), Ramy Bensebaini, Jonas Hofmann (Laszlo Benes 81'), Florian Neuhaus, Lars Stindl (Raffael 81'), Patrick Herrmann (Oscar Wendt 72'), Alasanne Plea, Marcus Thuram
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024