Capaian vaksinasi pelaku ekonomi Kulon Progo capai 39,8 persen

id Kulon Progo,vaksinasi,COVID-19

Capaian vaksinasi pelaku ekonomi Kulon Progo capai 39,8 persen

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahayujati. ANTARA/Sutarmi

Kulon Progo (ANTARA) - Capaian vaksinasi terhadap pelaku ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, baru mencapai 39,8 persen atau sekitar 2.573 dari 6.463 sasaran.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahahayujati di Kulon Progo, Minggu mengatakan, Dinas Kesehatan masih berupaya mencapai target vaksinasi terhadap pelaku ekonomi dan pelaku pariwisata yang masih rendah dan jauh dari target.

"Kalau vaksinnya sudah datang, kami akan mengejar capaian target vaksinasi terhadap pelaku ekonomi dan pelaku pariwisata," kata Baning.

Ia mengakui capaian vaksinasi rendah di Kulon Progo masih didominasi oleh pelaku ekonomi, pariwisata dan institusi pendidikan. Institusi pendidikan vaksinasi dosis pertama ditargetkan selesai Mei ini, dan Juni dilanjutkan dosis kedua. Selain itu, alokasi vaksin pada Juni juga akan diprioritaskan kepada pelaku ekonomi, pariwisata, dan lansia.

Di Kulon Progo ini, total sasaran vaksinasi pelaku ekonomi, dan pariwisata ini sebanyak 6.463 orang, hingga 25 Mei baru divaksin 2.573 orang atau 39,8 persen. Menurut dia, kesadaran mereka untuk divaksin masih rendah. Alasannya karena takut, jadwal vaksin tidak sesuai, ada yang berjualan dan menunggu dagangan.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) dan Dinas Pariwisata untuk mencoba bersama-sama mengundang mereka melakukan vaksinasi kembali. Dukungan dari dinas terkait untuk bisa meningkatkaan cakupan yang datang dari sasaran yang diundang," kata Baning.

Baning mengakui tingkat kehadirian pelaku ekonomi dan pariwisata untuk melakukan vaksinasi juga sangat rendah, yakni 35 persen dari target sasaran vaksin yang diundang.

"Vaksinasi ini dilakukan di puskesmas. Kami akan mengevaluasinya kembali dan mengkoordinasikan dengan dinas terkait, yakni mendekatkan lokasi vaksinasi supaya tingkatkan kehadirian mereka tinggi, dan target vaksinasi juga terealiasi," katanya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kulon Progo, capaian vaksinasi di Kulon Progo baru mencapai 33.217 sasaran atau 32 persen dari total 105.298 sasaran. Kemudian dari total tersebut, capaian vaksinasi terhadap tenaga kesehatan mencapai 98 persen, pelayan publik 86 persen, lansia 12 persen.

"Kami saat ini masih mengejar target vaksinasi lansia, dan tenaga pendidik. Kalau vaksin datang pada Juni, kami mentargetkan pelaku ekonomi, pelaku pariwisata, dan lansia yang masih rendah," katanya.