Kementerian PUPR bangun rumah susun Ponpes Tahfidzul Qur'an Dzikrul Qolbi

id rumah susun ponpes,Kulon Progo

Kementerian PUPR bangun rumah susun Ponpes Tahfidzul Qur'an Dzikrul Qolbi

Peletakan batu pertama di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Dzikrul Qolbi Kulon Progo. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Perumahan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III membangun rumah susun untuk santri di Tahfidzul Qur’an Dzikrul Qolbi, Desa Salamrejo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Rumah susun tersebut rencananya akan dibangun setinggi dua lantai dengan anggaran senilai Rp2,4 miliar dengan kapasitas 56 orang," kata Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III, Mochamad Mulya Permana saat acara peletakan batu pertama pembangunan rumah susun pondok pesantren di Kulon Progo, Kamis.

Ia mengatakan rumah susun santri di Kulon Progo tersebut akan dibangun sebanyak satu tower setinggi dua lantai dengan tipe barak super mini dengan luas bangunan keseluruhan 392,85 meter persegi. Rusun ini memiliki daya tampung sebanyak 56 orang dengan target pembangunan selama lima bulan, atau selesai pekerjaan pada Oktober 2021 dan biaya senilai Rp2,4 miliar.

"Adanya pembangunan rusun ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai tempat tinggal para santri selama menempuh pendidikan agama di pondok pesantren, serta meminta agar rusun santri ini dapat dipelihara dan segera dihuni setelah proses pembangunan selesai," katanya.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo Sutedjo mengatakan hadirnya pondok pesantren tidak hanya sebagai lembaga pendidikan dan keagamaan, namun juga sebagai lembaga pemberdayaan umat dan pengembangan potensi, diharapkan pondok pesantren mampu mengatasi berbagai problem yang dihadapi masyarakat, sehingga eksistensi pondok pesantren akan lebih berperan dalam kehidupan masyarakat.

"Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, kami menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III yang telah memberikan bantuan berupa pembangunan rumah susun. Semoga pembangunannya dapat berjalan dengan lancar dan nantinya membawa manfaat bagi semua pihak,” katanya.

Rusun Ponpes Tahfidzul Qur’an Dzikrul Qolbi, Desa Salamrejo, Kecamatan Sentolo, luas bangungan 24 meter x 8,20 meter, memiliki dua lantai dengan empat unit barak, memiliki tipe kamar barak sebanyak 28 unit di Lantai dasar dan 28 unit di lantai dua serta dilengkapi kamar mandi komunal. Rincian biayanya berasal dari APBN sebesar Rp2,4 miliar.