Daop 6 menyiapkan akses khusus penumpang KA Bandara YIA di Stasiun Tugu

id KA Bandara YIA,Stasiun Tugu,akses masuk

Daop 6 menyiapkan akses khusus penumpang KA Bandara YIA di Stasiun Tugu

Ilustrasi - Akses masuk khusus untuk penumpang KA Bandara YIA yang berada di Stasiun Tugu Yogyakarta (ANTARA/HO-Humas Daop 6 Yogyakarta)

Yogyakarta (ANTARA) - PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta menyiapkan akses masuk khusus untuk penumpang KA Bandara YIA di Stasiun Tugu Yogyakarta yaitu berada di sisi selatan stasiun tersebut.

“Ada beberapa fasilitas pelayanan untuk penumpang KA Bandara YIA yang sudah kami siapkan di Stasiun Tugu Yogyakarta,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Supriyanto di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, akses khusus tersebut meliputi loket khusus, e-gate, hingga ruang tunggu yang seluruhnya bisa di akses di area Stasiun Tugu Yogyakarta bagian selatan yang berada di Jalan Pasar Kembang.

Layanan ruang tunggu untuk penumpang KA Bandara YIA pun dibuat untuk memberikan kenyamanan kepada calon penumpang selama menunggu keberangkatan kereta.

Pada saat ini, KA Bandara YIA dioperasionalkan delapan perjalanan tiap hari yaitu masing-masing empat perjalanan dari Stasiun Tugu Yogyakarta dan empat perjalanan dari Stasiun KA Bandara YIA.

Mulai Jumat (17/9), PT KAI masih menerapkan tarif promo untuk penumpang yaitu Rp10.000 untuk perjalanan dari Stasiun Tugu hingga Stasiun Wates dan Rp20.000 untuk perjalanan dari Stasiun Tugu hingga Stasiun Bandara YIA serta dari Stasiun Wates hingga Stasiun Bandara YIA.

“Selama awal hingga pertengahan September, KA Bandara YIA sudah dioperasionalkan untuk sosialisasi dengan tarif Rp0 dan mulai hari ini diberlakukan tarif promo,” katanya.

Selama operasional pada awal September, Supriyanto mengatakan, minat masyarakat untuk memanfaatkan KA Bandara YIA cukup tinggi, tercatat 5.627 penumpang.

Masyarakat yang akan memanfaatkan KA Bandara YIA harus memenuhi berbagai persyaratan yang ditetapkan yaitu sudah menjalani vaksinasi minimal dosis pertama.

Protokol kesehatan untuk operasional KA Bandara YIA tetap diberlakukan secara ketat yaitu dilakukan pemeriksaan suhu, penumpang harus memakai masker ganda, dan jumlah penumpang maksimal 50 persen dari kapasitas.

Tiket KA Bandara YIA bisa diakses melalui aplikasi KAI Access atau dibeli di mesin tiket yang ada di bandara.

“Kehadiran KA Bandara YIA ini akan mempersingkat waktu tempuh dari sebelumnya 1,5 jam menggunakan kendaraan pribadi menjadi 39 menit,” katanya.


 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021