Antisipasi Nataru, Kemenhub gelar vaksinasi massal di Yogyakarta

id menhub,kemenhub,vaksinasi massal

Antisipasi Nataru, Kemenhub gelar vaksinasi massal di Yogyakarta

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (dua kanan) saat meninjau kegiatan vaksinasi massal di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Minggu (7/11). (Kementerian Perhubungan)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau kegiatan vaksinasi massal di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Minggu (7/11).

Budi Karya mengatakan, kegiatan vaksinasi di Balai Desa Argomulyo, Kabupaten Bantul tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) Tahun 2021 yang diselenggarakan di Yogyakarta.

“Sesuai arahan Presiden untuk menggencarkan Program Vaksinasi Nasional. Kami ingin mendorong wilayah aglomerasi Yogyakarta ini menjadi suatu daerah yang mencapai kekebalan komunal hingga 100 persen,” kata Budi Karya dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Minggu.

Menhub menjelaskan, Kemenhub menyediakan sebanyak 2000 vaksin, yang menyasar para lansia, santri, pelaku transportasi, pedagang kaki lima, dan masyarakat umum lainnya di sekitar Kabupaten Bantul.

Ia mengungkapkan, kegiatan vaksinasi ini juga dilakukan dalam rangka mengantisipasi masa libur natal dan akhir tahun.

"Yogyakarta menjadi destinasi wisata favorit masyarakat. Oleh karenanya kita siapkan vaksinasi untuk mencegah terjadinya gelombang ketiga Covid-19. Khususnya bagi para lansia yang rentan terhadap penularan Covid-19. Alhamdulillah, Saya lihat tadi banyak para lansia yang mengikuti vaksinasi. Hampir 50 persennya para lansia,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, anggota DPR RI Dapil Yogyakarta, H. Sukamto mengapresiasi kegiatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bantul yang dilakukan Kemenhub.

Ia menyebut, jumlah masyarakat di Kabupaten Bantul yang telah menerima vaksin tahap pertama baru 81 persen, sedangkan vaksinasi tahap dua baru 70 persen.

"Kami harapkan bulan Desember ini sudah mencapai 100 persen untuk vaksinasi di wilayah Yogyakarta," kata Sukamto.

Sementara itu, Asisten Sumber Daya dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bantul Pulung Haryadi mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan Kemenhub.

"Saya berharap jumlah masyarakat di Kabupaten Bantul yang menerima vaksin Covid-19 dapat segera mencapai 90 persen pada akhir November 2021, sesuai dengan target yang ditetapkan," kata Pulung.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022