Yogyakarta memberangkatkan 156 calon jemaah haji tergabung Kloter 20 SOC

id calon jemaah haji,haji,yogyakarta,pemberangkatan

Yogyakarta memberangkatkan 156 calon jemaah haji tergabung Kloter 20 SOC

Ilustrasi pemberangkatan jemaah calon haji asal Kota Yogyakarta pada 2019 (Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Kota Yogyakarta akan memberangkatkan 156 calon haji dalam Kelompok Terbang 20 Embarkasi solo atau SOC bersama jamaah calon haji dari Kabupaten Kulon Progo dan Bantul yang akan diberangkatkan pada 16 Juni.


"Dari sekitar 350 calon haji yang seharusnya diberangkatkan dua tahun lalu, pada tahun ini hanya ada 156 calon yang memenuhi syarat untuk diberangkatkan, yaitu berusia maksimal 65 tahun per 30 Juni tahun ini," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Nur Abadi di Yogyakarta, Jumat.

Guna memenuhi satu kelompok penerbangan, maka jamaah calon haji asal Kota Yogyakarta digabungkan dengan 110 calon dari Kabupaten Kulon Progo, dan 89 calon haji dari Kabupaten Bantul.

Calon haji termuda dari Yogyakarta yang akan diberangkatkan berusia 20 tahun dan tidak ada calon yang berusia 65 tahun. “Paling tua berusia 64 tahun beberapa bulan,” katanya.

Ia memastikan, seluruh calon haji asal Kota Yogyakarta sudah menjalani vaksinasi COVID-19 dosis penguat dan meningitis sebagai syarat kesehatan untuk diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah.

Namun demikian, Nur mengingatkan seluruh calon haji untuk tetap menjaga kesehatan menjelang keberangkatan karena seluruh jamaah akan menjalani tes PCR pada 15 Juni atau sehari sebelum diberangkatkan.

“Sehari sebelum keberangkatan akan dilakukan tes PCR sebagai syarat utama penerbangan. Oleh karenanya, kami meminta jamaah calon haji untuk menjaga kesehatan dan tentunya hadir tepat waktu sebelum diberangkatkan. Pemberangkatan akan dipusatkan di kompleks Balai Kota Yogyakarta,” katanya.

Jika dari hasil tes PCR diketahui ada calon yang dinyatakan positif COVID-19, maka yang bersangkutan tidak diperkenankan terbang.

“Keberangkatan mereka ditunda hingga memperoleh hasil negatif tes COVID-19. Mereka akan diikutkan ke kloter berikutnya. Tetap dari Adi Sumarmo Solo,” katanya.

Kloter 20 SOC direncanakan terbang menuju Madinah pada 17 Juni. “Karena masih kloter awal, maka calon menuju Madinah terlebih dulu,” katanya.

Jamaah calon haji dari Kota Yogyakarta dijadwalkan tiba kembali di Tanah Air pada 29 Juli malam hari.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024