Ekonomi Sri Lanka kolaps, India bakal bantu

id Sri Lanka,India

Ekonomi Sri Lanka kolaps, India bakal bantu

Warga mengantre untuk membeli gas rumah tangga pada sebuah distributor di Kolombo, Sri Lanka, pada Rabu (1/6/2022). (ANTARA FOTO/REUTERS/Dinuka Liyanawatte/wsj/NBL). (REUTERS/DINUKA LIYANAWATTE)

Kolombo (ANTARA) - Seorang diplomat tinggi India melakukan diskusi dengan presiden dan perdana menteri Sri Lanka dan pada Kamis, saat India memberikan sinyal akan keinginannya untuk melebihi pinjaman, pertukaran dan bantuan sebesar 4 miliar dolar yang telah diberikan kepada negara tetangganya itu.

Sri Lanka tengah menghadapi krisis ekonomi terburuk dalam tujuh dekade terakhir, dengan kekurangan devisa yang parah dan menghambat impor komoditas-komoditas penting, termasuk makanan, bensin, dan obat-obatan.

Negara kepulauan di ujung selatan India itu membutuhkan sekitar 5 miliar dolar dalam enam bulan ke depan untuk memenuhi kebutuhan dasar bagi 22 juta penduduknya, yang telah berjuang dengan antrian panjang untuk barang-barang pokok, kekurangan yang memburuk dan pemadaman listrik.

Menteri Luar Negeri India Vinay Kwatra, didampingi oleh pejabat India lainnya, mengadakan pembicaraan dengan Presiden Gotabaya Rajapaksa dan Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe untuk memberikan bantuan keuangan lebih lanjut ke negara itu, kata kantor presiden dalam sebuah pernyataan.


 

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024