Warga miskin peroleh pelatihan keterampilan usaha

id Dinsos, Pekanbaru, pelatihan, miskin

Warga miskin peroleh pelatihan keterampilan usaha

Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru Idrus. (ANTARA/HO-Dinsos Pekanbaru)

Pekanbaru, (ANTARA) - Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Provinsi Riau berencana memberikan pelatihan keterampilan kepada masyarakat miskin agar bisa mengembangkan usaha ekonomi bagi kepentingan pemenuhan kehidupan sehari-hari.

"Kegiatan untuk tahun 2023, bagaimana yang miskin tadi, kalau dia punya keahlian masak memasak, kita data, kita buat pelatihan masak memasak. Pelatihan itu kita lengkapi dengan peralatan, seperti kompor, kuali, sendok, tepung dan gula. Gula dan tepungnya lebih banyak," kata Kepala Dinsos Kota Pekanbaru, Idrus, di Pekanbaru, Kamis (8/9).

Selain memberikan pelatihan keterampilan kepada mereka, pihaknya juga memberi bantuan peralatan untuk mereka membuka usaha ekonomi.

Mantan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru ini menyampaikan kegiatan itu untuk menekan angka warga miskin di daerah itu.

"Itu agar usai pelatihan, warga bersangkutan yang mengikuti pelatihan bisa langsung membuka usaha. Jika langsung memberi peralatan saja, itu tidak boleh menurut aturan. Pasalnya kalau langsung diberi itu namanya bantuan sosial yang aturannya banyak. Kalau kita buat kegiatan, tidak jadi persoalan," kata dia.

Usai pelatihan, lanjut Idrus, akan ada tim yang akan melakukan pemantauan terhadap tindak lanjut yang mereka lakukan.





 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024