Ratusan peserta meriahkan "Kenduri Jip" di Wanarahayu Sleman

id BPPS ,Kenduri Jip Sumberrahayu,Dinas Pariwisata Sleman ,Kenduri jip ,Sleman

Ratusan peserta meriahkan "Kenduri Jip" di Wanarahayu Sleman

Kegiatan kenduri jip yang diselenggarakan di kawasan wisata Kaliurang beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-Dinas Pariwisata Sleman

Sleman (ANTARA) - Badan Promosi Pariwisata Sleman (BPPS) berkolaborasi dengan Komunitas 4xJ menyelenggarakan event bertajuk "Kenduri Jip" pada 1 dan 2 Oktober 2022 di Wanarahayu Sumberrahayu Moyudan Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang akan diikuti sekitar 100 peserta.

"Kegiatan ini diikuti sekitar 100 pecinta jip dari berbagai komunitas mobil jip di wilayah DIY," kata PIC Kenduri Jip Mohammad Iqbal Yusron di Sleman, Jumat.

Menurut dia, kegiatan yang juga dimaksudkan untuk turut memeriahkan Hari Batik Nasional 2 Oktober tersebut diharapkan dapat mengakomodasikan kepentingan dan ruang bersama bagi para pemilik jip wisata se-Sleman.

"Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi dan dinamika pariwisata yang ada di Sleman," katanya.

Ia mengatakan, pemilihan lokasi di Wanarahayu, Moyudan dimaksudkan untuk lebih menstimulasi perkembangan sektor pariwisata di wilayah Sleman bagian barat. Mengingat selama ini sektor pariwisata di Sleman barat belum begitu maju.

"Harapannya ke depan sektor pariwisata dapat ditumbuhkembangkan di semua wilayah di Kabupaten Sleman dengan kekhasan masing-masing," katanya.

Pelaksanaan event Kenduri Jip ini melibatkan beberapa komunitas yang ada di kawasan Kelurahan Sumberrahayu khususnya dan di Sleman pada umumnya, antara lain komunitas penggemar, pengguna dan pencinta jip di seluruh Sleman.

"Untuk lebih memeriahkan event tersebut pihak panitia juga menggandeng dan melibatkan pelaku UMKM dan pedagang-pedagang kecil, serta potensi seni budaya di sekitar kawasan Wanarahayu," katanya.

Iqbal mengatakan bahwa persiapan dan pelaksanaan Kenduri Jip tersebut panitia melibatkan partisipasi dari warga masyarakat sekitar, terkait dengan penyiapan lokasi, penyediaan sarana prasarana, dan operasional pelaksanaan event tersebut.

"Harapannya masyarakat setempat dapat memiliki pengalaman dalam menyelenggarakan kegiatan dan event-event pariwisata, sehingga kedepannya diharapkan masyarakat akan dapat secara mandiri menyelenggarakan event meskipun mulai dari taraf yang sederhana," katanya.

Peserta Kenduri Jip kali ini akan diikuti setidaknya 100 jip peserta dari berbagai komunitas diantaranya komunitas jip wisata dari Shiva Plateau Tebing Breksi Prambanan, Jip Adventure Prambanan, Kaliadem Cangkringan, Kaliurang Pakem, Wana Rahayu dan Jip wisata Gamplong dengan penumpang rata-rata tiga orang.

"Konsep acara yang akan ditampilkan layaknya kenduri yaitu 'ngumpul bareng' ditambah dengan acara sarasehan tentang 'safety riding', modifikasi jip, pelayanan prima dan sapta pesona," katanya.

Selain itu juga dimeriahkan dengan bazar pernak pernik jip, bazar UMKM, kontes jip dan panggung hiburan.

Sedangkan detail agenda acara yang akan berlangsung selama dua hari itu adalah, pada Jumat (30/9) malam jam dilakukan kenduri panitia.

Kemudian Sabtu 1 Oktober 2022 pagi mulai jam 09.00 registrasi dan persiapan, jam 14.00 WIB hingga 18.00 WIB "country road extreme", dan fun, jam 19.30 WIB prosesi Kenduri Jip dari Komunitas Sekar Pangawikan pimpinan Bambang Nursinggih.

Kegiatan dilanjutkan dengan "kembul bujana" (makan bersama) dan pukul 20.30 WIB dilanjutkan dengan sarasehan dan hiburan.

Pada Minggu 2 Oktober 2022 jam 09.00 WIB akan dilaksanakan prosesi acara pembukaan oleh Bupati Sleman dilanjutkan dengan pembagian hadiah, doorprize dengan aneka hiburan.

"Bersamaan dengan itu juga dilaksanakan kontes jip dan bazar UMKM dari warga masyarakat setempat," katanya.
Pewarta :
Editor: Eka Arifa
COPYRIGHT © ANTARA 2024