Yogyakarta segera memiliki galeri khusus produk daur ulang bank sampah

id galeri, daur ulang sampah,yogyakarta,bank sampah

Yogyakarta segera memiliki galeri khusus produk daur ulang bank sampah

Peserta berpakaian daur ulang sampah mengikuti peragaan busana pada Festival Bank Sampah Ciamis, di Jambansari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (26/9/2022). ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/tom

Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta segera membuka galeri khusus yang akan menampilkan beragam produk daur ulang sampah produksi bank sampah di kota tersebut.

“Kami rencanakan, galeri ini akan bisa diakses mulai akhir Oktober. Saat ini, berbagai persiapan untuk membuka galeri terus dilakukan,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta Sugeng Darmanto di Yogyakarta, Rabu.

Dia menyebut galeri produk daur ulang bank sampah tersebut bisa diakses secara daring maupun luring.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta menyediakan anjungan galeri di lantai satu, dua, dan empat gedung kantor DLH di Jalan Bimasakti Kota Yogyakarta sehingga masyarakat bisa melihat secara langsung.

“Dimungkinkan juga bisa dilakukan transaksi jual beli produk daur ulang sampah,” katanya.

Ia menyebut pengelolaan galeri tersebut dilakukan oleh Forum Bank Sampah Kota Yogyakarta.

Secara virtual, galeri produk daur ulang bank sampah akan ditampilkan sebagai salah satu menu di aplikasi Jogja Smart Service (JSS).

“Di dalam galeri virtual tersebut juga dilengkapi dengan informasi produk, seperti harga serta nomor kontak bank sampah yang bisa dihubungi apabila ada masyarakat yang berminat atas produk tersebut,” katanya.

DLH Kota Yogyakarta juga menyiapkan semacam brosur berisi katalog produk daur ulang bank sampah untuk melengkapi galeri.

Saat ini, di Kota Yogyakarta terdapat 565 bank sampah. Meskipun demikian, belum semua bank sampah mampu memproduksi produk daur ulang.

“Sekitar separuhnya sudah mampu memproduksi berbagai barang dari daur ulang sampah dengan berbagai kreativitas. Tetapi, yang dibutuhkan sekarang adalah inovasi produk sesuai permintaan pasar,” katanya.

Oleh karenanya, katanya, sebelum galeri dibuka, saat ini DLH Kota Yogyakarta mengadakan semacam survei orientasi pasar untuk produk daur ulang yang diminati masyarakat.

“Kami ingin menjaring masukan dari masyarakat mengenai produk-produk daur ulang apa saja yang diminati,” katanya.

Dengan demikian, bank sampah dapat menindaklanjuti hasil survei tersebut dengan memproduksi barang seusai permintaan pasar alih-alih memproduksi barang yang sama secara terus menerus tanpa inovasi.

“Produk daur ulang bank sampah termasuk produk yang awet. Misalnya orang beli produk bunga daur ulang, ya sudah, sekali beli saja. Oleh karenanya, butuh inovasi agar produk selalu diminati,” katanya.

Galeri produk daur ulang sampah akan lebih banyak menampilkan produk daur ulang sampah anorganik karena bisa disimpan dalam waktu lama dan tidak mudah rusak.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024