Xi Jinping-Scholz peringati 50 tahun hubungan bilateral

id China-Jerman,Jerman China,Xi Jinping,Olaf Scholz

Xi Jinping-Scholz peringati 50 tahun hubungan bilateral

Presiden China Xi Jinping menyambut kunjungan Kanselir Jerman Olaf Scholz di Beijing, China (4/11/2022). ANTARA FOTO/Kay Nietfeld/Pool via REUTERS/aww.

Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping dan Kanselir Jerman Olaf Scholz memperingati 50 tahun hubungan diplomatik kedua negara di Beijing, Jumat.

"Hubungan China-Jerman tidak akan sampai pada level hari ini tanpa visi politik yang luar biasa para pemimpin China dan Jerman dari generasi ke generasi," kata Xi saat menerima tamunya itu di Balai Agung Rakyat.

Dalam lima dasawarsa terakhir, jelas dia, kedua belah pihak bisa saling menghormati, berusaha mencari kesamaan, menjaga perbedaan, dan saling belajar sebagai upaya mendapatkan manfaat bersama.

"China akan bekerja sama dengan Jerman dalam kemitraan strategis yang berorientasi masa depan demi peningkatan hubungan China-Jerman dan China-Eropa," kata pemimpin tertinggi Partai Komunis China (CPC) itu.

Xi menyebutkan pertumbuhan nilai perdagangan kedua negara mencapai 1.000 kali lipat dalam lima dekade terakhir.

Peningkatan kerja sama perdagangan antar kedua negara itu terjadi pada sektor energi terbarukan, kecerdasan buatan (AI), dan ekonomi digital.

"China akan bekerja sama dengan Jerman dan Eropa di bidang penanganan COVID-19, ekonomi hijau, konservasi lingkungan, dan pertukaran antar masyarakat," ujarnya.






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Xi Jinping-Scholz tandai 50 tahun hubungan China-Jerman di Beijing
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024