UMKM berevolusi agar mampu bersaing di era digital

id Umkm, kemenkop,wirausaha

UMKM berevolusi agar mampu bersaing di era digital

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. ANTARA/HO-Humas Kemenkop UKM

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menegaskan UMKM perlu berevolusi dengan menciptakan produk-produk berbasis sains dan inovasi teknologi agar mampu bersaing di era digital.
 
“Banyak ide-ide yang keren dengan model bisnis yang bagus, inovatif, dan kekinian, dan saya melihat di era digital model bisnis seperti ini yang nantinya akan tumbuh,” kata Teten Masduki dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa.
 
Teten menambahkan, inovasi di bidang sains dan teknologi akan menjadi keunggulan Indonesia. Hal ini agar UMKM tidak melulu bergelut pada teknologi rendah tanpa adanya inovasi.
 
Menurut dia, saat ini banyak anak muda yang sudah memiliki inisiatif dalam mengembangkan platform digital, tetapi lupa mengembangkan produknya. Oleh sebab itu design making (pembuatan desain) harus dilakukan untuk merespons berbagai masalah yang terjadi di kalangan masyarakat menjadi sebuah inovasi usaha.
 
Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa saat ini Indonesia memiliki market digital terbesar keempat dunia dengan total 270 juta, sekaligus menjadi kekuatan ekonomi terbesar setelah Amerika, China, dan India.
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Teten: Model bisnis berbasis sains dan teknologi kunci evolusi UMKM
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024