FPRB Bantul kirim sejumlah relawan ke Cianjur petakan kebutuhan lokasi bencana

id FPRB Bantul ,Relawan ke Cianjur ,Bantu korban gempa

FPRB Bantul kirim sejumlah relawan ke Cianjur petakan kebutuhan lokasi bencana

Proses evakuasi korban gempa bumi di Cianjur Jawa Barat (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Bantul (ANTARA) - Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB)  Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah mengirimkan sejumlah relawan ke Cianjur, Jawa Barat guna memetakan kebutuhan masyarakat di lokasi bencana gempa bumi tersebut.

"Terkait bencana Cianjur teman-teman relawan yang tergabung dalam FPRB Bantul sudah mengirimkan tim asesmen sejumlah tiga orang, harapannya mereka melakukan asesmen apa saja yang dibutuhkan di tempat bencana," kata Ketua FPRB Bantul Waljito di Bantul, Rabu.

Menurut dia, sejumlah relawan Bantul yang dikirim ke lokasi bencana gempa bumi Cianjur berangkat pada Senin (21/11) malam, dengan harapan pada Rabu siang sudah kembali ke Bantul untuk melaporkan kebutuhan yang bisa dibantu dipenuhi dari Bantul.

Baca juga: 268 korban meninggal akibat gempa Cianjur

"Setelah mendapat laporan, kami akan memetakan dan berkoordinasi kira-kira apa yang dapat kami bantu bagi korban bencana dalam waktu dekat ini," katanya.

Menurut dia, hasil komunikasi terakhir dengan relawan untuk kebutuhan logistik berupa bahan makanan di lokasi bencana sudah tercukupi, sehingga yang dibutuhkan adalah kebutuhan pribadi seperti popok bayi dan kebutuhan sarana mandi anak-anak.

"Saya kira dari hasil komunikasi terakhir logistik yang berupa bahan makanan sudah cukup, yang dibutuhkan hanyalah pampers untuk anak anak, kemudian pakaian anak-anak, sarana mandi anak anak, minyak kayu putih, obat obatan dan sebagainya," katanya.

Dia juga mengatakan, mulai kemarin sejak kejadian bencana Cianjur, pihaknya sudah sampaikan ke teman-teman dan masyarakat Bantul dalam penggalangan donasi terkait dengan kebutuhan mereka, sambil menunggu asesmen dari relawan di lokasi.

"Kalau tenaga dari kita belum, karena di sana juga ada relawan Jawa Barat yang sudah mulai memetakan, tetapi mungkin juga kalau memang mereka membutuhkan tenaga dari kita, kita akan mobilisasi komunitas relawan Bantul," katanya.

Baca juga: UGM kirim tim respons cepat penanganan bencana ke Cianjur