Indonesia dan Australia memperkuat kerja sama ketenagakerjaan

id kerja sama ketenagakerjaan Indonesia Australia,menaker Ida Fauziyah

Indonesia dan Australia memperkuat kerja sama ketenagakerjaan

Menteri Ketenagarkerjaan RI Ida Fauziyah (kanan) bertemu Menteri Keterampilan dan Pelatihan Australia Brendan O’Connor (kiri) di Singapura, Rabu (7/12/2022). (ANTARA/HO-Biro Humas Kemnaker)

Singapura (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah membahas kerja sama ketenagakerjaan dengan Menteri Keterampilan dan Pelatihan Australia Brendan O’Connor di sela-sela Pertemuan Regional ke-17 Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) Asia Pasifik di Singapura, Rabu.

Dalam pertemuan bilateral itu, Ida menyinggung beberapa kerja sama bidang ketenagakerjaan dalam kerangka Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA), yang perkembangannya sempat tertunda akibat pandemi COVID-19 dan perubahan kepemimpinan di Australia.

Kerja sama itu mencakup Nota Kesepahaman tentang Pelatihan Berbasis Tempat Kerja (MoU on Workplace based Training) dan Nota Kesepahaman tentang Proyek Percontohan Pertukaran Pengembangan Keterampilan (MoU on Skills Development Exchange Pilot Project).

“Kami ingin berdiskusi lebih lanjut dengan pemerintah Australia, khususnya untuk memfasilitasi ketersediaan informasi mengenai eligible sponsor list agar dapat menindaklanjuti dan menerapkan MoU on Workplace Based Training,” kata Ida dalam keterangan tertulis Kemnaker RI, Kamis.

Menurut dia, eligible sponsor list sangat penting bagi Indonesia untuk memudahkan pengawasan dan pelindungan pemagang dari Indonesia di Australia.

Dia berharap Australia, di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Anthony Albanese, dapat memberikan dukungan berupa akses untuk mendapatkan informasi program Workplace Based Training (WBT) agar pemantauan, pengawasan, dan pelindungan bagi pemagang Indonesia dapat lebih terjamin.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Indonesia dan Australia perkuat kerja sama ketenagakerjaan
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024