Wisatawan Taman Pintar Yogyakarta naik 2-4 kali lipat

id Taman Pintar,Yogyakarta,wisatawan,kunjungan

Wisatawan Taman Pintar Yogyakarta naik 2-4 kali lipat

Ilustrasi - Salah satu wahana di Taman Pintar Yogyakarta (ANTARA/HO-Humas Pemkot Yogyakarta)

Yogyakarta (ANTARA) - Jumlah kunjungan wisata di Taman Pintar Yogyakarta selama libur akhir tahun mengalami lonjakan sekitar 2-4  kali lipat dibanding rata-rata kunjungan harian.

“Rata-rata kunjungan wisatawan sekitar 3.000 hingga 6.000 orang per hari. Jumlah tersebut meningkat 2- 4 kali lipat dibanding rata-rata harian,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Budaya Yogyakarta Retno Yuliani di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, jumlah kunjungan tertinggi terjadi sebelum libur Natal yang mencapai sekitar 7.000 wisatawan. Selama libur akhir tahun wisatawan bisa menikmati alat peraga baru seperti sepeda digital, x-ray interaktif, multi shape mirror, peraga lorong cermin, dan peraga sepeda roda kotak.

“Kami juga menyegarkan beberapa alat peraga seperti jembatan sains,” katanya.

Selain rombongan siswa sekolah yang tengah menikmati libur semester, wisatawan yang mengunjungi tempat wisata edukasi tersebut juga didominasi rombongan keluarga yang banyak berasal dari luar daerah.

Selama libur akhir tahun,Taman Pintar juga menambah kegiatan dengan menyelenggarakan pameran produk UMKM dari Kota Yogyakarta. Pameran “Do Dolan” tersebut dapat diakses pengunjung di area bermain Taman Pintar.

Selama berkunjung di Taman Pintar, lanjutnya, pengunjung diwajibkan mematuhi protokol kesehatan dengan tetap mengenakan masker, meskipun saat ini sudah tidak ada aturan pembatasan.

Jam buka Taman Pintar selama libur akhir tahun tidak ada perubahan yaitu dari 08.30 WIB sampai 16.00 WIB dengan tiket Rp20.000 untuk dewasa dan Rp12.000 untuk anak-anak.

Keramaian kunjungan wisata di Taman Pintar diperkirakan hanya berlangsung hingga 2 Januari 2023 karena libur tahun baru bertepatan dengan hari Minggu dan tidak ada cuti bersama.

Selain di Taman Pintar, peningkatan kunjungan wisata juga terjadi di beberapa objek wisata lain seperti di GL Zoo dengan rata-rata kunjungan sekitar 4.000 hingga 5.000 orang per hari.

Kepala Bagian Humas dan Promosi GL Zoo Fahmi Ramadhan mengatakan GL Zoo mengoptimalkan dua pintu masuk, di sisi barat atau di Jalan Veteran dan di sisi timur atau di Jalan Kebun Raya.

Selama libur akhir tahun juga akan dilakukan penyesuaian tarif kunjungan dari Rp60.000 menjadi Rp75.000 yang akan berlaku hingga 1 Januari 2023. Pengunjung bebas menikmati fasilitas seperti kereta dan kapal dan edukasi satwa.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, total kunjungan wisatawan hingga akhir November sudah mencapai sekitar enam juta orang. Jumlah tersebut sudah melebihi target kunjungan yang ditetapkan pada 2022 yaitu sekitar dua juta wisatawan.

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024