372 pendaftar calon anggota PPS di Yogyakarta akan jalani tes tertulis

id seleksi PPS,panitia pemungutan suara,KPU Yogyakarta,seleksi,Pemilu 2024

372 pendaftar calon anggota PPS di Yogyakarta akan jalani tes tertulis

Ketua KPU Kota Yogyakarta Hidayat Widodo. ANTARA/Eka AR

Yogyakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta akan menggelar seleksi tertulis sebanyak 372 pendaftar calon anggota panitia pemungutan suara (PPS) yang akan bertugas dalam Pemilihan Umum 2024 pada Sabtu (7/1)

“Seleksi tertulis akan kami selenggarakan pada Sabtu (7/1) yang dibagi empat sesi bertempat di Universitas Islam Negeri Yogyakarta. Sama seperti saat penyelenggaraan seleksi untuk panitia pemilihan kecamatan (PPK) sebelumnya,” kata Ketua KPU Kota Yogyakarta Hidayat Widodo, di Yogyakarta, Kamis.

Ia mengatakan seleksi diikuti 372 peserta dengan jumlah peserta dari tiap kelurahan minimal enam orang. Di Kota Yogyakarta terdapat 45 kelurahan.

Baca juga: KPU Yogyakarta mengupayakan semua kelurahan penuhi target pendaftaran PPS

Jumlah peserta tersebut, katanya, merupakan pendaftar yang sudah dinyatakan lolos seleksi administrasi dari proses pendaftaran secara daring melalui aplikasi Siakba yang diikuti sebanyak 524 pendaftar.

“Di Kota Yogyakarta tidak ada perpanjangan pendaftaran untuk anggota PPS. Pendaftar minimal dua kali dari kebutuhan per kelurahan semuanya sudah terpenuhi sehingga proses seleksi bisa dilanjutkan untuk tes tertulis akhir pekan ini,” katanya.

Seleksi tertulis dengan sistem "computer assisted test" (CAT) terbagi dalam empat sesi, yaitu pukul 08.00 WIB, 10.30 WIB, 13.00 WIB, dan pukul 15.00 WIB.

Materi seleksi tertulis mencakup pengetahuan kebangsaan, kompetensi dasar, dan pengetahuan kepemiluan, katanya.

Setiap peserta diminta membawa berbagai syarat, seperti identitas berupa KTP-el, alat tulis, tetap mengenakan masker, mengikuti protokol kesehatan, dan melakukan registrasi paling lambat 30 menit sebelum jadwal ujian.

KPU Kota Yogyakarta tetap membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk menyampaikan masukan atau tanggapan terhadap calon anggota PPS yang sudah dinyatakan lulus seleksi administrasi

Masukan dan tanggapan, katanya, dapat disampaikan secara tertulis melalui surat elektronik dengan alamat was.kpukotajogja@gmail.com pada 3-14 Januari 2023.

“Sesuai regulasi, maka kami akan menetapkan maksimal tiga kali kebutuhan untuk seleksi wawancara yang kemudian terpilih enam peserta terbaik,” katanya.

Peserta terbaik pertama hingga ketiga akan ditetapkan dan dilantik menjadi PPS, sedangkan terbaik keempat hingga keenam dibutuhkan sebagai calon pengganti antarwaktu, papar dia.

Baca juga: KPU Kulon Progo : 905 orang daftar anggota PPS Pemilu 2024
Baca juga: KPU Gunungkidul perpanjang masa pendaftaran PPS Pemilu 2024
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024