Sleman menggelar Musrenbang Perempuan dukung peran dalam pembangunan

id Musrenbang Perempuan Sleman ,Dinas P3AP2KB Sleman ,Kabupaten Sleman ,Kesetaraan gender Sleman

Sleman menggelar Musrenbang Perempuan dukung peran dalam pembangunan

Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman menggelar Musrenbang Perempuan sebagai upaya untuk mendukung peran perempuan dalam pembangunan, di Sleman, Kamis (23/2/2023). ANTARA/HO-Dinas P3AP2KB Sleman

Sleman (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Sleman menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Bagi Perempuan, Kamis.

"Kegiatan ini sebagai upaya untuk memberikan ruang dan waktu khusus pada perempuan untuk berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Dinas P3AP2KB Sleman Mahmudah Arfiyati.

Menurut dia, kegiatan ini diikuti oleh 122 peserta perempuan terdiri dari 105 orang perwakilan berbagai organisasi seperti perangkat kelurahan, BPKal, karang taruna, HWDI, forum PUG bidang agama, dan mitra binaan perangkat daerah Sleman, serta 17 perwakilan perangkat daerah Sleman.

"Musrenbang ini diadakan sebagai upaya Pemkab Sleman untuk mengupayakan melaksanakan pengarusutamaan gender dalam setiap rencana pembangunan yang akan dilakukan di Kabupaten Sleman," katanya.

Ia mengatakan, keberhasilan pembangunan ditentukan oleh kemampuan dalam mengoptimalkan sumber daya manusia yang dimiliki, termasuk perempuan untuk memajukan wilayah Kabupaten Sleman.

"Partisipasi perempuan harusnya dapat mewarnai berbagai bidang pembangunan antara lain bidang politik, hukum, sosial dan ekonomi, sehingga diharapkan tidak ada lagi kesenjangan gender," katanya.

Mahmudah Arfiyati mengatakan, dengan adanya musrenbang ini nantinya diharapkan para perempuan di Sleman dapat membaca isu gender di wilayah mereka yang kemudian dikemas dalam usulan perencanaan anggaran 2024.

Nantinya usulan tersebut akan dituangkan dalam berita acara yang akan menjadi bahan usulan rencana kerja perangkat daerah di Kabupaten Sleman.

"Dengan begitu, diharapkan nantinya dapat terwujud akses, partisipasi, kontrol dan manfaat (APKM) masyarakat laki-laki dan perempuan secara adil dalam pembangunan," katanya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dalam sambutannya yang disampaikan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Mafilindati Nuraini berharap musrenbang ini dapat mengawal program pembangunan di Sleman yang responsif bagi perempuan, sehingga dapat mengurangi kesenjangan dalam berbagai dimensi pembangunan.
 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024