Fakultas Kedokteran Gigi UGM laksanakan penyuluhan kesehatan gigi

id penyuluhan kesehatan gigi,FKG UGM,kesehatan gigi dan mulut

Fakultas Kedokteran Gigi UGM laksanakan penyuluhan kesehatan gigi

Kegiatan pengabdian masyarakat FKG UGM mencakup pemberian topikal aplikasi fluor (TAF) kepada siswa SD di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (4/3/2023). (ANTARA)

Bantul (ANTARA) - Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada (UGM) melaksanakan kegiatan penyuluhan mengenai kesehatan gigi dan mulut serta pemberian topikal aplikasi fluor kepada 1.200 siswa sekolah dasar di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Kerjasama Fakultas Kedokteran Gigi  UGM drg. Trianna Wahyu Utami di sela kegiatan pengabdian masyarakat di SD Negeri 1 Bantul, Sabtu, menyampaikan pentingnya pemahaman masyarakat mengenai kesehatan gigi dan mulut.

"Perlu dukungan dari banyak pihak untuk bisa meningkatkan pemahaman dan perilaku masyarakat. Upaya ini perlu didukung oleh semua pemangku kepentingan dan mitra industri," katanya.

Ia mengemukakan perlunya menggerakkan masyarakat serta mengoptimalkan peran kader kesehatan dan para guru untuk meningkatkan pemahaman warga mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, termasuk mencegah karies gigi.

"Kegiatan seperti ini idealnya dilaksanakan kontinyu untuk mencapai peningkatan kualitas hidup masyarakat, untuk menghasilkan generasi unggul di masa depan. Peran dunia industri juga diharapkan mampu menjadi penyokong terciptanya masyarakat Indonesia bebas karies di masa depan," kata Trianna.

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi UGM drg. Suryono mengatakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat Fakultas Kedokteran Gigi UGM ditujukan untuk membantu meningkatkan kesadaran masyarakat melakukan perawatan gigi secara berkala.

"Saat ini, kebanyakan orang-orang justru periksa gigi ketika mulai sakit. Kalau sakit gigi juga awalnya mencoba mengobati sendiri, padahal hal itu bisa membahayakan," katanya.

"Karena itu, kami mengajak masyarakat Yogyakarta, khususnya Bantul, untuk menanamkan pemahaman akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut dengan didukung alat kesehatan berkualitas," ia menambahkan.

Pelaksana Harian Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul Didik Warsito berharap kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Fakultas Kedokteran Gigi UGM dapat meningkatkan kesadaran warga, termasuk anak-anak, untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

"Diberikannya fluor yang kata dokter itu merupakan pelindung terhadap gigi anak-anak kita semua ini sudah pasti akan memberikan peningkatan kesehatan utamanya gigi anak kita, yang nanti jangka panjang akan berdampak terhadap seluruh kegiatan dan mungkin sampai kecerdasan mereka," katanya.

Kegiatan pengabdian masyarakat dengan dukungan Cobra Dental Indonesia dengan penyediaan topikal aplikasi fluor (TAF) bagi sekitar 1.200 siswa sekolah dasar di Bantul diselenggarakan dalam rangka Lustrum ke-15 dan Dies Natalis Fakultas Kedokteran Gigi UGM ke-75.

Direktur Cobra Dental Indonesia, Inti Apri Caritas mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan motivasi dan kesadaran masyarakat dalam memelihara kesehatan gigi dan mulut. Karena itu, pihaknya bersama FKG UGM ingin memberikan perlindungan gigi anak serta informasi kepada masyarakat mengenai pencegahan dan penanggulangan penyakit gigi dan mulut .