Pemuda harus peka kemajuan zaman

id kecerdasan buatan,artificial intelligent,mensesneg,Pratikno,AI

Pemuda harus peka kemajuan zaman

Ilustrasi artificial intelligence (AI) (Pexels)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Sekretaris Negara RI Pratikno mengajak generasi muda untuk peka terhadap kemajuan zaman mengingat revolusi industri 4.0 saat ini telah mengubah kehidupan manusia.

"Revolusi industri 4.0 telah mengubah banyak sekali lanskap kehidupan kita. Belakangan ini, Artificial Intelligence memberikan kontribusi perubahan yang luar biasa," kata Praktino saat membuka diskusi "The Future of Work and the Skills Needed for Indonesia's Growth”, Sabtu (4/3).

Mengutip keterangan pers yang diterima di Jakarta pada Minggu, Pratikno menambahkan bahwa kehadiran platform-platform AI tersebut membuat manusia harus melakukan banyak penyesuaian karena sangat mungkin mendisrupsi pekerjaan.

"Dunia dituntut untuk merancang sebuah tatanan baru, the post pandemic world, termasuk di antaranya post pandemic government. Kita harus memperbaiki seluruh kerentanan kita di segala bidang," kata Pratikno yang juga merupakan guru besar ilmu politik di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Bukan hanya di masalah kesehatan, namun arsitektur di sektor lain perlu dibangun, termasuk dunia akademik yang juga harus mendesain ulang metode pembelajarannya.

"Namun, semua tantangan pasti ada peluangnya, yang hanya bisa dinikmati oleh mereka yang prediktif, antisipatif, cepat, dan tepat dalam menyongsong disrupsi," kata dia.

Selain itu, Pratikno juga menyebut adanya tantangan perubahan iklim yang semakin nyata di mana bencana hidro meteorologi sudah terasa seperti hujan ekstrem, potensi kekeringan ekstrem makin terasa.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mensesneg ajak generasi muda peka terhadap kemajuan zaman
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024