Larangan gunakan iPhone bagi pejabat pemilu Rusia

id rusia,iphone

Larangan gunakan iPhone bagi pejabat pemilu Rusia

Arsip - Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Rusia Sergei Kiriyenko menghadiri pertemuan di Krasnogorsk di luar Moskow, Rusia, 30 Januari 2020. (Sputnik/Mikhail Klimentyev/Kremlin via Reuters/as)

Moskow (ANTARA) - Kantor Presiden Rusia (Kremlin) meminta para pejabat yang terlibat dalam persiapan pemilihan presiden 2024 untuk berhenti menggunakan iPhone, demikian harian Kommersant melaporkan.

Perintah itu dikeluarkan karena pemerintah khawatir alat komunikasi itu rentan disusupi oleh intelijen Barat.

Mengutip sejumlah sumber anonim, harian itu melaporkan bahwa Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Sergei Kiriyenko meminta para pejabat pada sebuah seminar untuk mengganti ponsel mereka paling lambat pada 1 April.

"Semua sudah berakhir untuk iPhone: buang saja atau berikan kepada anak-anak," tulis Kommersant, mengutip seorang peserta seminar.

Saat ditanya tentang hal itu pada Senin, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan dia tidak bisa mengonfirmasi laporan itu.

"Ponsel cerdas tidak boleh dipakai untuk urusan dinas," kata Peskov kepada pers.

"Ponsel cerdas apa pun memiliki mekanisme yang cukup terbuka, apa pun sistem operasinya, baik Android maupun iOS. Secara natural, ponsel-ponsel itu tidak digunakan untuk kepentingan dinas," katanya.

Apple, produsen iPhone, belum menanggapi permintaan untuk berkomentar.

Menurut laporan Kommersant, Kremlin akan menyediakan ponsel pengganti iPhone.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kommersant: Pejabat pemilu Rusia dilarang pakai iPhone
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024