Bupati Bantul: Ramadhan momentum tingkatkan kepribadian menjadi lebih baik

id Bupati Bantul ,Peresmian pasar sore Ramadhan ,Puasa tingkatkan kepribadian

Bupati Bantul: Ramadhan momentum tingkatkan kepribadian menjadi lebih baik

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih pada peresmian Pasar Sore Ramadhan di Blado, Desa Potorono, Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (23/3/2023) sore. (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Abdul Halim Muslih, mengajak masyarakat agar di Bulan Ramadhan 1444 Hijriah dijadikan momentum untuk meningkatkan kepribadian supaya menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya.

"Marilah di Bulan Suci Ramadhan tahun 1444 kita jadikan sebagai momentum untuk meningkatkan kepribadian kita, meningkatkan karakter kita menjadi manusia yang lebih baik," kata Bupati saat peresmian Pasar Sore Ramadhan di Blado, Desa Potorono, Banguntapan, Bantul, Kamis sore.

Menurut dia, setiap tahun harus ada perubahan yang lebih baik terhadap kepribadian dan karakter dari setiap individu manusia, sehingga tidak mengalami kerugian pada diri sendiri.

Baca juga: Kegiatan usaha tempat hiburan agar tak ganggu ibadah puasa

"Masa diri kita dua tahun, sepuluh tahun lalu dengan sekarang sama saja, berarti kita rugi, maka momentum Ramadhan ini jangan kita lewatkan sebagai kawah candra dimuka kita masing-masing untuk menjadi orang-orang yang lebih baik, baik di hadapan Allah SWT, maupun kepada sesama umat," katanya.

Terkait dengan pasar sore Ramadhan, Bupati merasa bersyukur sekaligus bangga bahwa masyarakat beserta para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) punya gerakan ekonomi yang baik untuk memanfaatkan momentum bulan suci Ramadhan.

"Karena bulan suci ini adalah bulan yang penuh berkah, kita dituntut untuk meningkatkan segalanya, segala kebaikan tidak hanya keimanan ketakwaan saja, tapi juga ekonomi, karena di dalam Islam ekonomi itu penting," katanya.

Bupati juga mengatakan, ketahanan ekonomi itu tidak bisa dipandang remeh, oleh karena itu momentum bulan suci Ramadhan ini bagaimana kita semua bisa berbagi bagaimana bisa meningkatkan ketahanan ekonomi.

"Salah satunya melalui pasar Ramadhan ini, apresiasi kepada para penggagas, juga panitia yang mengkonsolidasikan sumber daya yang ada di Blado, juga apresiasi kepada kelurahan yang memfasilitasi pasar sore Ramadhan ini," katanya.

Pihaknya berharap, dengan pasar sore Ramadhan yang menampilkan potensi UMKM lokal ini berdampak pada kesejahteraan masyarakat Blado, Desa Potorono yang terus meningkat dari waktu ke waktu.*

Baca juga: Haedar: Ramadhan momentum membangun kehidupan penuh toleransi