Leadership and Culture Department Head Holding PTPN III: Pemimpin harus jadi role model

id ptpn,perkebunan

Leadership and Culture Department Head Holding PTPN III: Pemimpin harus jadi role model

Penutupan Onboarding Planters Learning & Assignment (Plant) Program Bagi Calon Karyawan Pimpinan Perkebunan Nusantara Group, di PT LPP Agro Nusantara Yogyakarta (ANTARA/HO-LPP)

Yogyakarta (ANTARA) - Leadership and Culture Department Head Holding PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Dian Roffana mengatakan seorang pemimpin harus dapat menjadi role model bagi para karyawan yang dipimpinnnya dan harus bisa menjadi seorang planters yang adaptif.

"Peran pemimpin sangat berpengaruh dalam suatu perusahaan. Sekitar 40 persen letak keberhasilan berada di tangan seorang pemimpin," kata Dian Roffan pada penutupan Onboarding Planters Learning & Assignment (Plant) Program Bagi Calon Karyawan Pimpinan Perkebunan Nusantara Group, di PT LPP Agro Nusantara Yogyakarta, Sabtu (1/4).

Pada penutupan Onboarding Planters Learning & Assignment (Plant) Program tahapan  Corporate Knowledge Learning disampaikan arah dan kebijakan SDM oleh Dian Roffana.

Dian mengatakan proses Onboarding Planters Learning & Assignment (Plant) Program merupakan titik awal bagi para Calon Karyawan Pimpinan (CKP) PTPN Group untuk dapat menjadi karyawan yang bertalenta bukan hanya dari segi kinerja dan kompetensi yang baik, namun juga high potensial yang berakhak sebagaimana sesuai dengan nilai-nilai utama atau core values BUMN adalah AKHLAK yang merupakan singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

CKP juga harus bisa melakukan perencanaan kerja jangka panjang SMART, yakni Spesifik, Measurable (bisa diukur), Achiveble (bisa dicapai), Realistis, dan Timeble (ada batas waktu).

Para planters harus memiliki profesional skill selain leadership yang harus bisa mengayomi para karyawan lain, seorang karyawan pimpinan juga harus bisa melakukan teamwork (kerjasama), kolaborasi, mampu mengelola emosi, dapat memetakan pekerjaan yang penting dan genting, fleksibel.

Dalam artian seorang pemimpin diharapkan dapat mudah bergaul dan fleksibel dalam menerima perubahan teknologi, pentingnya komunikasi dalam kepemimpinan, para leader juga harus meiliki semangat motivasi dan optimisme yang tinggi agar mampu memotivasi karyawan yang lainnya, serta memiliki kemampuan problem solving (pemecahan masalah).

SEVP Operation PT LPP Agro Nusantara Pugar Indriawan pada sambutannya menyampaikan selamat kepada CKP yang berhasil bersaing dari 200.000 pendaftar di PTPN Group dan memberikan pesan kepada para planters bahwa selain knowledge juga pentingnya kedisiplinan, keteguhan hati, dan keberanian yang tinggi, serta semangat motivasi yang tinggi karena akan menghadapi stakeholder yang semakin sulit.

Subject Matter Expert PT LPP Agro Nusantara Vieda Havantri dalam laporan penutupan mengatakan bahwa Onboarding Planters Learning & Assignment (Plant) Program tahapan Corporate Knowledge Learning yang diikuti 172 CKP.

Sebanyak 172 CKP itu berasal dari internal, talent scouting maupun eksternal yang terdiri dari calon karyawan pimpinan PTPN III (Persero), PTPN II, IV, V, VI, VII, XIII dan PT LPP Agro Nusantara Learning telah rampung di selenggarakan di PT LPP Agro Nusantara Yogyakarta pada Sabtu (1/4).

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Komandan Detasemen Pertahanan Udara 474 Yogyakarta Letkol Agung Setyo Yuniarto yang telah bekerja sama dengan PT LPP Agro Nusantara dalam bina mental dan bela negara para CKP Onboarding Planters Learning & Assignment (Plant) Program," katanya.

Pada penutupan Onboarding Planters Learning & Assignment (Plant) Program tahapan Corporate Knowledge Learning yang dilaksanakan di PT LPP Agro Nusantara juga dilakukan kegiatan inagurasi para CKP, penyampaian kesan & pesan CKP terhadap Onboarding Planters Learning & Assignment (Plant) Program tahapan Corporate Knowledge Learning yang diselenggarakan sejak 25 Maret hingga 1 April 2023.

Selain itu, juga pemberian kenang-kenangan kepada para CKP yang mendapatkan nilai terbaik pada final test tahapan Corporate Knowledge Learning Onboarding Planters Learning & Assignment (Plant) Program.