"Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji" tampilkan horor Jawa mencekam

id Film,Kajiman,Horor

"Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji" tampilkan horor Jawa mencekam

(Dari kiri-kanan) Sutradara Adriyanto Dewo, Produser Perlita Desiani, Iedil Dzuhri A., Tyo Pakusadewo, Ully Triani, Aghniny Haque, Jourdy Pranata, dan Mian Tiara dalam peluncuran film "Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji" di Jakarta, Jumat (5/12/2023). (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)

Jakarta (ANTARA) - Film horor “Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji” karya penulis sekaligus sutradara Adriyanto Dewo suguhkan cerita horor khas Jawa yang erat dengan kehidupan sehari-hari sebagian besar masyarakat.

Dalam film ini, Adriyanto menyajikan sebuah cerita pesugihan yang cukup banyak ditemukan dalam budaya Jawa. Selain itu, kepercayaan dalam budaya Jawa, seperti primbon dan weton turut dihadirkan dalam film ini.

"Pengen ciptain horor yang dari atmosfernya aja sudah seram," kata Adriyanto dalam peluncuran perdana film “Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji” di Jakarta, Jumat.

Bahkan, Adriyanto dan tim sempat melakukan riset untuk menggali fenomena pesugihan sebagai premis utama dalam film ini. Kemudian, film ini juga menyajikan sisi gelap manusia yang akhir-akhir ini banyak ditemukan, salah satunya pembunuhan.

Kajiman, sosok iblis dalam film ini merupakan makhluk mitologi dari budaya Jawa. Sosoknya dianggap kuat dan bisa dijadikan khodam untuk pesugihan. Iblis itu disebut akan mendekati manusia untuk dipengaruhi agar ikut dalam aliran sesat.

Produser film “Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji”, Perlita Desiani menilai film ini dikemas berbeda dari kebanyakan film horor. Baik dari alur, karakter, maupun penyajian dalam film ini yang berbeda dari film horor lainnya.

“Film ini menakutkan, mencekam, surprising di beberapa scene, mengagetkan,” kata Desiani.



Uniknya, selama proses syuting film “Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji” salah satu pemain film ini, Tyo Pakusadewo sempat mengalami pengalaman mistis di lokasi syuting. Saat itu, replika kepala yang digunakan sebagai properti syuting bergerak sendiri dan hanya dirinya yang melihat hal tersebut.

"Kepala (replika) gerak sendiri," kata Tyo.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Film "Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji" suguhkan horor Jawa
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024