Ketua Komisi A DPRD DIY sampaikan duka mendalam meninggalnya Kepala BPBD DIY Biwara Yuswantana

id DPRD DIY,eko Suwanto

Ketua Komisi A DPRD DIY sampaikan duka mendalam meninggalnya Kepala BPBD DIY Biwara Yuswantana

Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana (FOTO ANTARA/Luqman Hakim)

Yogyakarta (ANTARA) - Komisi A DPRD DIY menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Biwara Yuswantana, Kepala Pelaksana BPBD DIY. 

Almarhum selama ini dikenal sebagai sosok yang memiliki dedikasi dalam bekerja selama menjabat sebagai pimpinan di Badan Penanggulangan Bencana Daerah. 

Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan menyatakan rasa kehilangan dan sampaikan duka cita kepada keluarga yang ditinggalkan dan berdoa agar semua amal kebaikan almarhum diterima di sisi-Nya. 

"Komisi A DPRD DIY, sampaikan duka cita yang mendalam atas wafatnya Pak Biwara Yuswantana, Kepala BPBD DIY. Semoga seluruh keteladanan yang diwariskan untuk DIY jadi amal baik, keluarga yang dtinggalkan diberikan keikhlasan. Beliau  punya komitmen bagus dalam mitigasi bencana. Program Desa Tangguh Bencana, Kelurahan Tangguh Bencana, Satuan Pendidikan Aman Bencana dan berbagai program lainnya berjalan bagus dan jadi percontohan daerah lain," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan, Minggu, 2/7/2023.

Biwara Yuswantana, Kepala BPBD DIY meninggal di RS Betnesda , hari Minggu , 2 Juli 2023 pkl 11.35 WIB. Jenazah akan dimakamkan Senin 3 Juli 2023 diberangkatkan dari rumah duka beralamat di Ngrojo,  071/023 Kembang, Nanggulan, Kulonprogo , pukul 14.00 WIB dan dimakamkan di makam Ngara kembang nanggulan Kulon progo, Yogyakarta

BPBD DIY sebagai mitra kerja Komisi A DPRD DIY di bawah kepemimpinan almarhum Biwara Yuswantana disebutkan banyak lakukan kerja-kerja nyata untuk rakyat dan masyarakat DIY. 

Sosok ASN seperti almarhum Biwara Yuswantana adalah satu figur teladan dan pejuang yang tangguh kala jalankan mitigasi Covid-19, saat ada pandemi kerja penanganan bencana berjalan baik. 

"Saya bertemu terakhir beberapa saat yang lalu dalam silaturahmi ASN yang akan pensiun. Saat itu Pak Biwara duduk satu meja dengan Pak Sumadi, mantan PJ Walikota Yogyakarta. Saat diskusi, Pak Biwara semangat menyampaikan berbagai program unggulan BPBD, khususnya dalam membangun masyarakat DIY jadi tangguh bencana," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY. 

Sebagai pimpinan, sosok Biwara Yuswantana juga cukup baik dalam menjalankan kebijakan pemerintah terutama dalam urusan penanggulangan kebencanaan sesuai kewenangan yang dimiliki. 

"Beliau, Pak Biwara meninggal dengan banyak tinggalkan warisan, hal hal baik. Di antaranya  kesiapsiagaan dan ketangguhan hadapi bencana berbasis masyarakat," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY.