UI dan UNED Spanyol cegah ekstremisme

id Ui,Psikologi ui,Ui depok,Riset ui

UI dan UNED Spanyol cegah ekstremisme

Dekan Fakultas Psikologi UI, Dr. Bagus Takwin, M.Hum., Psikolog, (kanan).(ANTARA/ foto: Humas UI)

Depok (ANTARA) - Laboratorium Psikologi Politik, Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia (UI) menjalin kerja sama riset dengan Universidad Nacional de Educación a Distancia (UNED), Spanyol untuk mencegah ekstremisme di berbagai negara.

Kolaborasi riset yang didanai oleh Hibah European Research Council (ERC) Advanced Grant Multiprev ini akan menjawab tiga isu utama dalam riset ekstremisme kekerasan.

Dekan Fakultas Psikologi UI, Dr. Bagus Takwin, M.Hum., Psikolog, di Depok, Selasa mengatakan proyek kolaborasi riset ERC Advanced Grant Multiprev ini akan melibatkan lima negara, yaitu Indonesia, Spanyol, Sri Lanka, Kolombia, dan Phillipines.

Kerja sama kedua institusi ini bertujuan untuk meningkatkan dampak atau pengaruh riset melalui studi lintas negara dan kolaborasi antaruniversitas dan peneliti, terutama yang terkait dengan topik ekstremisme kekerasan.



Ia mengatakan hasil studi dari riset ini diharapkan dapat digunakan untuk mengembangkan strategi pencegahan ekstremisme kekerasan di berbagai negara.

Riset ini akan dilakukan dalam kurun waktu lima tahun dengan studi pada populasi umum hingga populasi khusus pelaku ekstremisme kekerasan di dalam tahanan.

Pengambilan data dilakukan secara daring dan melalui wawancara yang dilakukan di dalam maupun luar penjara.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: UI jalankan kolaborasi riset dengan UNED Spanyol