Jokowi apresiasi komunikasi Tiongkok-AS

id Presiden Joko Widodo,xi jiping, rrt, chengdu

Jokowi apresiasi komunikasi Tiongkok-AS

Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral bersama Presiden China Xi Jinping yang diselenggarakan di Hotel Jinniu, Chengdu, China, Kamis (27/7/2023). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyambut baik dimulainya kembali komunikasi antara Tiongkok-Amerika Serikat di tengah hubungan kedua negara tersebut yang sempat memanas beberapa waktu belakangan.

Hal tersebut disampaikan Presiden Widodo dalam pertemuan bilateral-nya dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di Chengdu, Tiongkok, Kamis, sebagaimana disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan pers secara daring yang dipantau dari Jakarta.

"Beliau (Presiden Jokowi) menyambut baik dimulainya kembali komunikasi antara RRT dan Amerika Serikat," kata Menlu Retno saat menjelaskan poin-poin pembicaraan kedua pemimpin yang menyangkut isu regional dan global.

Menlu Retno menyampaikan, pada kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo menekankan bahwa rivalitas antara negara-negara kekuatan besar (major powers) harus dikelola, agar tidak menimbulkan konflik yang merugikan kawasan.

Selain itu, Presiden Widodo juga menegaskan semua negara harus menjaga perdamaian stabilitas dan kemakmuran kawasan terkait Indo-Pasifik. Jokowi juga menyambut baik penyelesaian panduan percepatan negosiasi code of conduct di Laut Cina Selatan.
 

Sedangkan terkait ASEAN, Joko Widodo meminta dukungan RRT untuk implementasi konkret ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, termasuk partisipasi BUMN dan sektor swasta RRT dalam ASEAN Indo-Pacific Forum yang akan diselenggarakan September 2023 di Jakarta.

"Bapak Presiden juga menyampaikan agar RRT dapat memberikan dukungan untuk kesuksesan pelaksanaan East Asia Summit yang akan dilakukan pada bulan September," tuturnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jokowi sambut baik dimulainya kembali komunikasi Tiongkok-AS

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024