Pusat kuliner soto dijadikan destinasi wisata kuliner halal

id soto ayam tamanan kota kediri ,pemkot kediri ,zona khas halal kediri

Pusat kuliner soto dijadikan destinasi wisata kuliner halal

 Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar (kanan) dengan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri Choirur Rofiq (kiri) di sentra kuliner soto ayam bok ijo ​​​​​​​di Kelurahan Tamanan, Kota Kediri. Jawa Timur. ANTARA/ HO-Pemkot Kediri

Kediri (ANTARA) - Pemerintah Kota(Pemkot) Kediri, Jawa Timur, menjadikan sentra kuliner soto ayam Bok Ijo Tamanan, Kota Kediri, menjadi destinasi wisata kuliner halal di kota ini.

"Soto Tamanan atau soto ayam bok ijo merupakan soto paling legenda di Kediri. Sekarang ini menjadi destinasi kuliner halal di Kota Kediri yang pertama, begitu juga di Jawa Timur. Kami kembangkan dengan Bank Indonesia, MUI, akademisi dan semuanya. Karena sekarang banyak turis-turis yang mencari makanan yang halal, aman, dan sehat," kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di Kediri, Rabu malam.

Wali Kota berharap dengan diberi label halal pada sentra kuliner soto ayam bok ijo di Kelurahan Tamanan, Kota Kediri ini, di tempat kuliner lain juga bisa mendapatkan label halal ini.

Menurut dia, hal ini penting agar saat orang datang untuk makan merasa lebih yakin akan kebersihan dan kehalalannya. Dengan begitu, omzet penjualan para pedagang semakin meningkat.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia, Paguyuban Soto Tamanan Kediri dan seluruh stakeholder termasuk juga Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang telah membantu Pemerintah Kota Kediri dalam mempersiapkan zona kuliner halal, aman dan sehat (KHAS) Kota Kediri ini.

"Jadi kita kemarin hampir dua bulan mendiskusikan tentang hal ini dan akhirnya kami bisa aplikasikan di sini," kata dia.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan Bisnis Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Syamsul Umam mengatakan zona kuliner halal, aman dan sehat tentunya memberikan rasa nyaman bagi para pembeli.

Pihaknya turut serta mengkaji untuk keperluan zona kuliner halal, aman dan sehat di sentra kuliner soto ayam bok ijo Tamanan, Kota Kediri tersebut. Apalagi ini menjadi destinasi kuliner halal pertama di Jawa Timur.


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024