Pemilih PKB cenderung dukung Prabowo

id Survei IPS,Indonesia Polling Stations,Prabowo Subianto,Pilpres 2024

Pemilih PKB cenderung dukung Prabowo

Peneliti Senior Indonesia Polling Stations Alfin Sugianto saat acara jumpa pers di Jakarta, Jumat (22/9/2023) memaparkan hasil survei terbaru lembaganya yang digelar pada 5 September sampai dengan 15 September 2023. (ANTARA/HO-Dokumentasi IPS)

Jakarta (ANTARA) - Indonesia Polling Stations (IPS) dalam hasil survei terbarunya yang disiarkan di Jakarta, Jumat, menemukan mayoritas responden yang mengaku pemilih PKB cenderung mendukung Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden RI dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dalam survei itu, PKB menerima 7,7 persen suara dari total 1.220 responden yang diwawancara pada periode 5–15 September 2023.

Dari jumlah itu, 42,3 persen pemilih PKB mengaku memberi dukungan mereka kepada Prabowo Subianto, 36,5 persen kepada Ganjar Pranowo, dan 15,2 persen kepada Anies Baswedan.

“Kendati partai yang dikomandani Muhaimin Iskandar itu bulat mendeklarasikan diri mendukung bacapres (bakal calon presiden) Anies Baswedan, sebagian besar pemilih partai masih loyal pada bacapres Prabowo Subianto,” kata Peneliti Senior IPS Alfin Sugianto saat mengumumkan temuan surveinya di Jakarta, Jumat.

Alfin menilai temuan itu menunjukkan adanya anomali dalam perilaku memilih (voting behavior) basis massa PKB. Dia menduga pernyataan Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), pendiri PKB, yang pernah memuji Prabowo menjadi salah satu penyebabnya.

“Gus Dur pernah mengatakan tokoh yang paling ikhlas mengurus rakyat adalah Prabowo. Gus Dur juga mengatakan Prabowo akan menjadi Presiden RI pada usia senja. Ini nampaknya yang menjadi pertimbangan utama konstituen PKB lebih memilih Prabowo daripada bacapres yang diusung partainya,” kata Alfin.

PKB bersama PKS dan NasDem saat ini mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden untuk Pilpres 2024. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar juga saat ini menjadi pasangan Anies menjadi bakal calon wakil presiden.
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Survei IPS: Mayoritas pemilih dari PKB cenderung dukung Prabowo
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024