Bakal jadi rebutan, sosok cawapres untuk Ganjar Pranowo

id Direktur Eksekutif Indonesian Presidential Studies (IPS) Nyarwi Ahmad,Ganjar Pranowo,Pemilu 2024

Bakal jadi rebutan, sosok cawapres untuk Ganjar Pranowo

Ilustrasi - Calon wakil presiden Republik Indonesia potensial pada Pilpres 2024. (ANTARA/Naufal Ammar)

Jakarta (ANTARA) -
Direktur Eksekutif Indonesian Presidential Studies (IPS) Nyarwi Ahmad mengungkapkan bahwa bursa tiket bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Ganjar Pranowo akan menjadi rebutan para tokoh dan pimpinan partai politik (parpol).
 
Ia tidak memungkiri pimpinan parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pun, seperti PPP, PAN dan Golkar akan tertarik dengan peluang itu.
 
"Sejumlah tokoh yang merasa percaya diri bisa mendapatkan tiket cawapres Ganjar dan akan berlomba-lomba untuk dapat dinominasikan dari partai-partai tersebut," ujar Nyarwi yang juga Dosen Komunikasi Universitas Gadjah Mada (UGM) kepada ANTARA, Rabu.
 
Meski begitu, sambung dia, para tokoh yang bisa dinominasikan ini bukanlah sembarang kandidat dari partai-partai tersebut. Nyarwi juga mengatakan para ketua umum dari partai yang akan bergabung dengan PDI Perjuangan (PDIP) tentu akan mematok sejumlah kriteria.
 
"Bisa juga bersumber dari variabel-variabel lain, seperti gaya atau model kepemimpinan dan performanya ketika menjadi pemimpin di lembaga-lembaga negara atau pemerintahan," katanya.
 
Menurut Nyarwi, kriteria ini bisa bersumber dari variabel atau faktor elektoral dengan melihat elektabilitasnya. Ia juga menyebutkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD adalah salah satu tokoh yang potensial dan juga berasal dari kalangan yang pertama.
 
 
Adapun tokoh-tokoh potensial yang berpeluang di situ mulai dari jajaran menteri yang saat ini membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), pimpinan partai hingga kepala daerah atau mantan kepala daerah. Tidak hanya itu, apabila isu penegakan hukum di masa depan dianggap sebagai isu yang paling krusial di mata elit dan juga mayoritas pemilih Indonesia, maka peluang Mahfud MD kian besar.
 
Di sisi lain, apabila isu tersebut kurang dipandang penting oleh elit-elit parpol dan juga oleh para pemilih, maka peluang Mahfud untuk mendapatkan tiket bakal cawapres dan dinominasikan oleh partai-partai pendukung Presiden Jokowi akan makin kecil. Namun, dinamika elektoral tentu masih terus berlangsung.
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pengamat ungkap sosok cawapres untuk Ganjar akan jadi rebutan parpol
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024