Ini 11 varietas padi toleran kekeringan di Indonesia

id varietas padi,brin,el nino,pusat riset tanaman pangan brin,kapusris tanaman pangan brin yudhistira nugraha

Ini 11 varietas padi toleran kekeringan di Indonesia

Ilustrasi - Petani menyiapkan mesin pompa air untuk pengairan lahan pertanian padi di Donohudan, Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (5/10/2023). ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/Spt.

Jakarta (ANTARA) - Kepala Pusat Riset Tanaman Pangan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Yudhistira Nugraha menyampaikan Indonesia memiliki 11 varietas padi yang memiliki toleransi tinggi terhadap cuaca ekstrem dan juga kekeringan.

"Kalau dari 10 tahun terakhir ini, ada 11 varietas yang umurnya genjah dan toleran terhadap kekeringan," kata Yudhistira di Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan varietas umur genjah yaitu tanaman padi yang memiliki masa tanam kurang dari 105 hari, sedangkan umumnya padi di varietas lain baru bisa dipanen ketika berusia 120 hari.

Yudhistira menilai singkatnya masa panen dari 11 varietas ini bisa mengurangi risiko gagal panen akibat keterbatasan air. Karena dari hasil penelitian yang dilakukan, varietas toleran kemarau ini bisa menghemat air sebanyak 20 persen.

Lebih lanjut ia mengatakan, 11 varietas padi tersebut antara lain yakni, Inpari 38, Inpari 39, Inpari 40, Inpari 41, varietas Cisaat, varietas Cakrabuana, varietas Padjajaran, varietas Situbagendit, Inpago 10, Inpago 11, serta Inpago 12.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BRIN: Indonesia punya 11 varietas padi toleran kekeringan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024