Bupati Sleman sebut Pertika Kalpataru tumbuhkan cinta lingkungan kaum muda

id Pertika Kalpataru Sleman ,Saka Kalpataru ,Bupati Sleman ,Sleman

Bupati Sleman sebut Pertika Kalpataru tumbuhkan cinta lingkungan kaum muda

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo melakukan pemukulan gong menandai pembukaan Pertika Kalpataru III di Desa Wisata Cibuk Kidul, Senin (16/10/2023). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Kustini Sri Purnomo menyebut bahwa kegiatan Perkemahan Bakti Saka (Pertika) Kalpataru III menjadi sarana untuk menumbuhkan kepedulian para generasi muda terhadap kelestarian lingkungan.

"Kegiatan Pertika Kalpataru ini menjadi salah satu upaya untuk mengajak generasi muda untuk peduli pada isu lingkungan, pengelolaan sampah, perubahan iklim dan konservasi keanekaragaman hayati," kata Kustini saat membuka Pertika Kalpataru III di Desa Wisata Cibuk Kidul, Senin.

Kustini juga mengajak anggota Saka Kalpataru Sleman untuk menjadi contoh masyarakat untuk menjaga kelestarian sekaligus menjadi agen perubahan lingkungan.

"Diharapkan anggota Saka Kalpataru dapat menjadi generasi yang tangguh dan peduli terhadap kelestarian lingkungan," katanya.

Menurut dia, anggota Pramuka Saka Kalpataru adalah generasi yang unggul, generasi yang hebat, generasi yang kreatif, dan generasi yang berperilaku ramah lingkungan.

"Teruslah berkreasi, berkarya dalam wadah gerakan Pramuka," katanya.

Ketua pelaksana Pertika Kalpataru III Devano mengatakan kegiatan ini dilaksanakan pada 16 hingga 18 Oktober 2023 di Desa Wisata Cibuk Kidul.

Menurut dia, ada sebanyak 126 peserta yang berasal dari SMA/SMK sederajat berbasis lingkungan se-Kabupaten Sleman ikut serta dalam kegiatan ini.

"Dengan tema tahun ini, bersama wujudkan generasi muda cinta lingkungan, kami
mengajak generasi muda untuk peduli dan peka terhadap lingkungan hidup dan menjaga kelestariannya untuk masa depan," katanya.

Pada pembukaan Pertika Kalpataru tersebut juga dilakukan penyerahan apresiasi terhadap 15 sekolah yang menerima penghargaan Adiwiyata.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Bupati Sleman kepada perwakilan 5 SD/MI, 5 SMP/MTs, dan 5 SMA/SMK sederajat.
 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024